Rahayu, Okti Sri (2012) Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf Download (566kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab1.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
bab2.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab III)
bab3.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (91kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor fisiologis, psikologis, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat mempengaruhi kesulitan belajar siswa matematika, (2) faktor dominan kesulitan belajar siswa matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Surakarta yang berjumlah 167 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi, analisis regresi linier berganda, uji-F dan uji-t. Dari analisis korelasi terlihat korelasi antara kesulitan belajar dengan faktor fisiologis sebesar -0.754, faktor psikologis sebesar -0.828, lingkungan sekolah sebesar -0.725, lingkungan keluarga sebesar -0.725, lingkungan masyarakat sebesar -0.725. Angka tersebut menunjukkan kuatnya korelasi antara kesulitan belajar dengan faktor fisiologis, faktor psikologis, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat. Hasil analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikasi 5% diperoleh (1) ada pengaruh yang negatif dari faktor fisiologis, psikologis, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat terhadap kesulitan belajar matematika siswa. Dari uji-F diperoleh Fhitung > Ftabel (79,546 > 2,37) berarti ada pengaruh yang signifikan dari faktor fisiologis, faktor psikologis, faktor lingkungan sekolah, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan masyarakat secara bersama-sama terhadap kesulitan belajar siswa matematika. Dari uji-t dengan t table = 2,000 diperoleh faktor fisiologis sebesar -2,621, faktor psikologis sebesar -2,531, lingkungan sekolah sebesar -2,357, lingkungan keluarga sebesar -3,305, lingkungan masyarakat sebesar -2,667. Hal ini berarti faktor fisiologis, psikologis, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kesulitan belajar matematika secara parsial. (2) Faktor dominan kesulitan belajar siswa matematika adalah lingkungan keluarga dengan t hitung -3,305.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fisiologis, Psikologis, Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Jul 2012 07:16 |
Last Modified: | 16 Jul 2012 08:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19194 |
Actions (login required)
View Item |