Sulistyaningsih, Devi (2012) Analisis Buku Teks Bahasa Indonesia Tingkatan SMP Kelas VIII, Erlangga: Keterbacaan dan Tingkat Keterbacaan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (520kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (110kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek keterbacaan serta mendeskripsikan tingkat keterbacaan buku teks bahasa Indonesia tingkatan SMP kelas VIII Erlangga, pada KD Membaca Cepat. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa katakata tertulis.Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan teknik kepustakaan, observasi dan teknik angket. Kepustakaan untuk menambah sumbersumber tertulis yang berupa buku, catatan dan hal-hal lain. Observasi terhadap objek yang dijadikan sumber penilaian tingkat keterbacaan terhadap buku tersebut. Angket digunakan untuk mengetahui hasil keterbacaan buku ini. Siswa membaca wacana yang disediakan kemudian menghitung kecepatan membaca dengan rumus yang sudah ditentukan.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode agih. Metode agih yang alat penentunya berada pada bagian dari bahasa yang bersangkutan itu sendiri. Dari uji keterbacaan yang dilakukan dapat diketahui tingkat keterbacaan dari buku ini. Hasil uji buku teks bahasa Indonesia tingkatan SMP kelas VIII Erlangga, pada KD Membaca Cepat untuk uji keterbacaan dalam kategori baik. Rincian untuk tiap kelas yaitu: kelas VIII E tuntas= 24 siswa, tidak tuntas= 8 siswa, kelas VIII F tuntas= 24 siswa, tidak tuntas= 7 siswa, kelas VIII G tuntas= 22 siswa, tidak tuntas= 8 siswa, kelas VIII H tuntas= 20 siswa, tidak tuntas= 10 siswa. Nilai yang dicapai dapat memenuhi batas tuntas 60% dengan prosentase rata-rata tiap kelas VIII E 75%, VIII F 77,41 %, kelas VIII G 73,33, dankelas VIII H 66,66 %. Rata-rata keempat kelas untuk tingkat keterbacaan yaitu 73,99 % sebagai hasil keterbacaan pada buku teks tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku teks bahasa Indonesia, keterbacaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 13 Jul 2012 05:54 |
Last Modified: | 13 Jul 2012 08:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19172 |
Actions (login required)
View Item |