Ayun, Umi Qurrota (2012) Penggunaan Media Pembelajaran Dan Pola Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (252kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (14MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (60MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta; 2) Untuk mengetahui pengaruh Pola Belajar terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta; 3) Untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Pola Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Al- Islam 1 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta. Sampel yang diambil sebanyak 60 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 76,615 + 0,164X1 + 0,184X2. Persamaan menunjukkan bahwa hasil prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran dan pola belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,374 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,021 dengan sumbangan efektif sebesar 9,77 %. 2) Ada pengaruh yang signifikan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Al- Islam 1 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,723 > 2,002 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,009 dengan sumbangan efektif sebesar 12,23%. 3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran dan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 8,046 > 3,159 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Dengan koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,220. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,220 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran dan pola belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah sebesar 22% sedangkan 78% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan media pembelajaran, Pola belajar, dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 06:37 |
Last Modified: | 23 Feb 2018 08:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19167 |
Actions (login required)
View Item |