Utami, Emi Dwi (2012) Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Cara Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Simo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (55MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (76MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Jurnal_Publikasi.pdf Download (27MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP Negeri I Simo; 2) Untuk mengetahui pengaruh cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP Negeri I Simo; 3) Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMP Negeri I Simo. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri I Simo Tahun Ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 43 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 51,603+ 0,320X1 + 0,238X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pemanfaatan internet dan cara belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pemanfaatan internet berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Simo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,181 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003 dengan sumbangan efektif sebesar 23,2%; 2) Cara belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Simo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,357 > 2,021 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,023, dengan sumbangan efektif sebesar 15,1%; 3) Pemanfaatan internet dan cara belajar siswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Simo, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 12,406 > 3,232 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,383 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan internet dan cara belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMP N 1 Simo, adalah sebesar 38,3% sedangkan sisanya sebesar 61,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Internet, Cara Belajar Siswa dan Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 05:44 |
Last Modified: | 12 Jul 2012 08:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19165 |
Actions (login required)
View Item |