Feriyanti, Erika (2012) Pengaruh Interaksi Belajar dan Motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (497kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (133kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.doc.pdf Download (249kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1) Mengetahui pengaruh interaksi belajar dalam proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta; 2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dari orang tua terhadap prestasi belajar kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta; 3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi belajar dan motivasi orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Sampel sebanyak 105 siswa. Data diperolah dari angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicoba dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 52,496 + 0,145X1 + 0,129X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh interaksi belajar dan motivasi orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Interaksi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,710 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,008 dengan sumbangan efektif sebesar 13,3%; 2) Motivasi orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,438 > 1,983 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,016, dengan sumbangan efektif sebesar 11,8%; 3) Interaksi belajar dan motivasi orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 17,046 > 3,085 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,251 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh interaksi belajar dan motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, yaitu sebesar 25,1% sedangkan 74,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Belajar, Motivasi Orang Tua dan Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 11 Jul 2012 05:03 |
Last Modified: | 11 Jul 2012 08:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19158 |
Actions (login required)
View Item |