Adiatama, Rias Dinny (2012) Teknik Konseling Analisis Transaksional Untuk Mengubah Perilaku Anak Nakal Di Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 1 Pilangsari Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (213kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian: 1) Mengetahui konseling analisis transaksional dalam membantu mengubah perilaku siswa yang susah diatur dan suka mengganggu teman di kelas; 2) Mengetahui pengaruh konseling analisis transaksional untuk mengubah perilaku siswa yang susah diatur dan suka mengganggu teman di kelas. Penelitian berbentuk study kasus dan bersifat deskriptif. Teknik pelaksanaan menerapkan konseling analisis transaksional. Subyek Penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri 1 Pilangsari pada tahun 2011/2012 yang mempunyai perilaku nakal. Sumber Data : 1) Primer : Siswa; 2) Sekunder : Guru kelas; Teman. Langkah-langkah penelitian: 1) membangun hubungan; 2) identifikasi dan eksplorasi masalah, 3) merencanakan pemecahan masalah, 4) aplikasi solusi dan penutupan konseling. Teknik Pengumpulan Data: 1) Observasi; 2) Wawancara (Interview); dan 3) Dokumentasi. Validitas Data: 1) Triangulasi Data; 2) Triangulasi Metode; dan 3) Informan Review, Teknik Analisa Data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian : setelah 8 kali konseling berjalan, anak yang awalnya mempunyai perilaku nakal (mengganggu teman, memukul teman, membuat gaduh/rame, mondar-mandir) mengalami perubahan perilaku kearah yang baik. Dilihat dari berubahnya intensitas frekuensi kenakalan dari 120 kenakalan menjadi 0. Maka hal ini membuktikan bahwa Konseling Analisis Transaksional berhasil mengatasi perilaku anak nakal didalam kegiatan belajar mengajar pada siswa kelas 4 SD Negeri 1 Pilangasari tahun pelajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku, Konseling, Analisis Transaksional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Jul 2012 09:36 |
Last Modified: | 05 Jul 2012 09:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19145 |
Actions (login required)
View Item |