Gaya Hidup Karakter Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 3 Colomadu (Studi Fenomenologi di SMP Negeri 3 Colomadu)

Saputri, Diana Yani (2012) Gaya Hidup Karakter Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP Negeri 3 Colomadu (Studi Fenomenologi di SMP Negeri 3 Colomadu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (244kB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini untuk memaparkan gaya hidup karakter anti korupsi dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 3 Colomadu. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendiskripsikan karakteristik karakter sederhana dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 3 Colomadu, mendiskripsikan karakteristik karakter kerja keras dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 3 Colomadu, mendiskripsikan karakteristik karakter mandiri dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 3 Colomadu. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX, guru, wakil kepala sekolah, dan kepala SMP Negeri 3 Colomadu. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian (1) Karakteristik karakter sederhana siswa SMP Negeri 3 Colomadu dalam pembelajaran matematika dicerminkan dari adanya pelaksanaan budaya hemat, bersyukur atas semua yang diterima, rajin menabung, dan rendah hati dalam pembelajaran matematika. (2) Karakteristik karakter kerja keras siswa SMP Negeri 3 Colomadu dalam pembelajaan mamatika dicerminkan dari adanya sikap pantang menyerah dalam menghadapi permasalah, ketekunan dalam melaksanakan semua kegiatan, dan sungguh-sungguh baik dalam mengerjakan soal maupun belajar saat pembelajaran. (3) Karakteristik karakter mandiri siswa SMP Negeri 3 Colomadu dalam pembelajaran matematika dicerminkan dari siswa yang mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab, siswa yang mampu mengatasi masalah berupa tugas yang diberikan oleh guru, siswa mempunyai kepercayaan diri dalam menyelesaikan masalah, dan mampu mengatur dirinya sendiri

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter sederhana, karakter kerja keras, karakter mandiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Jun 2012 08:39
Last Modified: 28 Jun 2012 08:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19114

Actions (login required)

View Item View Item