Cahayani, Apriana (2012) Pengaruh Interaksi Belajar Dan Intensitas Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2 Pada Mahasiswa Angkatan 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (82kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAHPUBLIKASI.pdf Download (326kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh interaksi belajar terhadap motivasi belajar AKM 2 pada mahamahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi semester V angkatan 2009 FKIP UMS; 2) Untuk mengetahui pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap motivasi belajar AKM 2 pada mahamahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi semester V angkatn 2009 FKIP UMS; 3) Untuk mempengaruhi pengaruh interaksi belajar dan intensitas perhatian orang tua terhadap motivasi belajar AKM 2 pada mahamahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi semester V angkatan 2009 FKIP UMS. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Akuntansi semester V angkatan 2009 FKIP UMS. Sampel diambil sebanyak 149 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 16,513+ 0,333X1 + 0,446X2. Persamaan menunjukkan bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh interaksi belajar dan intensitas perhatian orang tua. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Interaksi belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,280 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 11%; 2) Intensitas perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,595 > 1,976 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 12,3%; 3) Interaksi belajar dan intensitas perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Akuntansi Keuangan Menengah 2, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 1322,198 > 3,058 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,233 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh interaksi belajar dan intensitas perhatian orang tua terhadap motivasi belajar mata kuliah Akuntansi Keuangan Menengah 2, adalah sebesar 23,3% sedangkan 76,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interaksi Belajar, Intensitas Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 06:03 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 06:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19109 |
Actions (login required)
View Item |