UPAYA PENINGKATAN KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PAKEM (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN Sibela Timur Jebres Surakarta)

Harihadi, Nur (2008) UPAYA PENINGKATAN KESIAPAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PAKEM (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN Sibela Timur Jebres Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410040082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kesiapan siswa terhadap matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sibela Timur Surakarta sejumlah 33 siswa. Pelaksanaan penelitian tindaklan kelas dilaksanakan 3 kali putaran. Data dikumpulkan melalui metode pokok yang meliputi observasi, test, sedangkan metode bantu yaitu catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah dapat meningkatkan kesiapan belajar siswa dapat dilihat dari mengerjakan latihan mandiri, mempersiapkan buku pelajaran, mengerjakan tugas / PR, dan bertanya. Adapun perubaha n kesiapan tersebut adalah 1). menyelesaikan latihan mandiri dari 29,29 % sebelum putaran menjadi 84.84 % pada akhir putaran, 2). mempersiapkan buku pelajaran dari 30,30 % sebelum puataran menjadi 87.87 % pada akhir puataran, 3). mengerjakan tugas / PR dari 21,21 % sebelum putaran menjadi 78.78 % pada akhir putaran, 4). bertanya dari 15,15 % sebelum putaran menjadi 51.51 % pada akhir putaran. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kesiapan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Siswa, Pembelajaran Matematika, Pendekatan PAKEM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2008 04:47
Last Modified: 31 Jan 2011 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item