Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B RA Ath-Thohiriyyah Jaten Tahun Ajaran 2011

Sutini, Sutini (2012) Peningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B RA Ath-Thohiriyyah Jaten Tahun Ajaran 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (425kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan membaca anak RA Ath-Thohiriyyah Jaten,Tahun Ajaran 2011/2012. Membaca merupakan bidang pengembangan bahasa yang harus dikembangkan di RA, pembelajaran membaca harus diajarkan sejak dini karena agar nanti di pendidikan SD bisa berlatih membaca dengan lancar. Peningkatan kemampuan membaca anak bisa dilakukan dengan permainan kartu kata bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B di RA Ath-Thohiriyyah Jaten tahun ajaran 2011/2012. Jumlah anak yang diteliti 30, yang terdiri 12 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru kelompok B. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pembelajaran membaca anak melalui permainan kartu kata bergambar pada prasiklus 47.1%, siklus I (pertemuan 1) 56.5 %, (pertemuan 2 )56.8%, Siklus II (pertemuan 1) 81.5%, (pertemuan 2)89.53 %.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membaca, permainan kartu kata bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:00
Last Modified: 27 Jun 2012 12:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19095

Actions (login required)

View Item View Item