Aprianti, Winda (2012) Penggunaan Metode Pembelajaran Sq3r (Survey, Question, Read, Recite And Review) Dengan Pemanfaatan Media Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (263kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (112kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas X6 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan menerapkan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) dengan pemanfaatan media berbasis komputer pada siswa yang berjumlah 37. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua putaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari putaran I sampai dengan putaran II. Sumber data diperoleh dari hasil tes siswa dan observasi. Hasil belajar siswa dengan penggunaan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) dengan pemanfaatan media berbasis komputer pada putaran I siswa yang melebihi kriteria ketuntasa minimal (KKM) 21 (76%) siswa. Pada putaran II siswa yang melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) meningkat menjadi 32 (86%) siswa, peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari putaran I ke putaran II sebesar 10%. Untuk aspek afektif yang ditinjau dari keaktifan siswa saat proses pembelajaran mengalami peningkatan dari putaran I sebesar 25,62 termasuk dalam kategori cukup berminat, sedangkan pada putaran II sebesar 30,11 termasuk dalam kategori berminat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review) dengan pemanfaatan media berbasis komputer dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas X6 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-20 |
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, And Review), media berbasis komputer, keaktifan, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 08:19 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 11:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19079 |
Actions (login required)
View Item |