Andriati, Susi (2011) Evaluasi Kegiatan Laboratorium Pengajaran Fisika Sekolah Menengah Atas (Studi Situs SMA Negeri 4 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (434kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (64kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengenai evaluasi pembelajaran fisika yang mensyaratkan adanya aktivitas‐aktivitas kelas yang berpusat pada siswa, bermakna dan otentik dengan menggunakan pengetahuan awal, pengalaman dan minat siswa untuk mendukung pengkonstruksian pengetahuan secara aktif. Penelitian ini berfokus pada karakteristik aktivitas evaluasi kegiatan laboratorium pengajaran fisika di SMA Negeri 4 Surakarta, yaitu karakteristik aktivitas guru, aktivitas siswa, dan desain evaluasi kegiatan laboratorium pengajaran fisika. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, desain evaluasi kegiatan pembelajaran fisika di SMA Negeri 4 Surakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan desain etnografi dan lokasi di SMA Negeri 4 Surakarta. Sumber data terdiri atas Wakil Kepala Sekolah Bagian Sarana dan Prasarana, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Laboran, Guru‐guru Fisika SMA Negeri 4 Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Langkahlangkah analisis data : menelaah seluruh data, mengorganisasikan data, reduksi data. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian aktivitas guru fisika SMA Negeri 4 Surakarta dalam kegiatan laboratorium pengajaran fisika adalah membuat perencanaan kegiatan laboratorium sesuai kelas yang dibebankan meliputi menentukan tujuan kegiatan laboratorium, menentukan jenis percobaan yang akan dilakukan, mengenali alat‐alat yang ada di laboratorium, mengenali rangkaian percobaan yang dilakukan, membuat prosedur percobaan. Guru menyusun lembar kerja praktikum sesuai percobaan yang direncanakan. Menyusun alat evaluasi kegiatan laboratorium fisika berdasarkan percobaan yang direncanakan. Aktivitas siswa pada kegiatan laboratorium fisika SMA Negeri 4 Surakarta tidak hanya mendengarkan dan mencatat seperti yang lazim terjadi pada pembelajaran namun mencakup aktivitas yang bersifat fisik (jasmani) dan mental (rohani). Desain evaluasi kegiatan laboratorium dilaksanakan SMA Negeri 4 Surakarta meliputi aspek evaluasi proses pelaksanaan program kegiatan laboratorium, aktivitas belajar siswa, kompetensi kerja ilmiah, kompetensi penanaman konsep. Secara garis besar aktivitas guru, siswa serta desain evaluasi kegiatan laboratorium pengajaran fisika sudah optimal.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, kegiatan, Laboratorium, fisika, SMA. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 05 Jun 2012 08:30 |
Last Modified: | 05 Jun 2012 08:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19038 |
Actions (login required)
View Item |