Intervensi Integrasi Perubahan Perilaku (Ipp) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Vii

Kurniawan , Dony Rochmad (2012) Intervensi Integrasi Perubahan Perilaku (Ipp) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Vii. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.HALAMAN_DEPAN.INTERVENSI_IPP.DONY.pdf

Download (187kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_REBT-_PD.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_REBT-_PD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_REBT-PD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_REBT-PD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_REBT-PD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
4.DAFTAR_PUSTAKA_INTERVENSI_IPP-_PD.DONY.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Lampiran)
5.LAMPIRAN-LAMPIRAN._INTERVENSI_IPP.DONY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas intervensi IPP untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama kelas VII. Partisipan penelitian berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 15 Kelompok I (yang diberi intervensi IPP), 15 kelompok II (yang diberi materi tentang kepercayaan diri melalui metode ceramah/satu arah) dan 15 kelompok III (tanpa perlakuan). Hipotesis dalam penelitian ini adalah kepercayaan diri pada kelompok yang mendapat intervensi IPP lebih tinggi daripada kelompok yang mendapat materi kepercayaan diri melalui metode ceramah dan tanpa perlakuan. Alat ukur yang digunakan adalah skala kepercayaan diri, wawancara, observasi. Pengukuruan dilakukan sebelum dan sesudah pemberian intervensi IPP, Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menghitung beda pada kelompok eksperimen, kelompok ceramah dan kelompok kontrol, sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan digunakan uji ANAVA. Hasil analisa menunjukkan pada saat posttest atau setelah diberikan intervensi IPP diperoleh nila F = 28.528; Sig (p) = 0.000; p < 0.001. Berarti ada perbedaan yang sangat signifikan kepercayaan diri pada saat posttest untuk kelompok eksperimen, kelompok ceramah dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen memiliki selisish mean yang lebih tinggi daripada kelompok ceramah maupun kelompok kontrol, peningkatan mean kepercayaan diri pada kelompok eksperimen naik 5.67 poin setelah diberikan intervensi IPP. Dapat disimpulkan bahwa dengan pemberian intervensi IPP ada peningkatan yang sangat signifikan sehingga hipotesis diterima. Jadi intervensi IPP dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII karena dalam intervensi IPP lebih menekankan pada keterkaitan antara perasaan, tingkah laku dan pikiran. Analisis kualitatif dilakukan secara individual, bertujuan untuk menjelaskan dinamika proses yang terjadi pada masing-masing partisipan sebelum, selama dan setelah pemberian perlakuan. Data untuk analisis kualitatif diperoleh berdasarkan hasil observasi terhadap partisipan. Dari hasil analisa tersebut semua partisipan dapat mengikuti semua kegiatan dengan aktif, partisipatif dan juga mengalami peningkatan skor kepercayaan diri, sehingga dapat disimpulkan bahwa subjek kelompok I atau yang mendapatkan intervensi IPP memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi daripada kelompok ceramah yang mendapatkan materi tentang kepercayaan diri dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Intervensi Integrasi Perubahan Perilaku (IPP)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jun 2012 07:09
Last Modified: 05 Jun 2012 07:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19033

Actions (login required)

View Item View Item