Makna Religi Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman El Shirazy: Analisis Semiotik Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Madrasah Aliyah

Midi, Midi (2011) Makna Religi Novel Ketika Cinta Bertasbih Karya Habiburrahman El Shirazy: Analisis Semiotik Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Madrasah Aliyah. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)

Abstract

Makna Religi Novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy: Analisis Semiotik dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Madrasah Aliyah. Tesis, Surakarta: Magister Pengkajian Bahasa Universitas Muhammadiyah Surakarta, November 2011. Pembimbing I Dr. Ali Imron Al Ma’ruf, M.Hum. Pembimbing II Drs. Yakub Nasucha, M. Hum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan arti religi yang terkandung dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah Novel Ketika Cinta Bertasbih karya dari Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik yang terdiri atas pembacaan heoristik dan hermeneuti k . Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy, memiliki struktur yang utuh, dan unsur yang satu berkaitan dengan yang lain. Adapun makna religius yang terkandung dalam Novel Ketika Cinta Bertasbih karya Habiburrahman El Shirazy berisi tentang (1) taubatan nasuha, ( 2 ) wajib berusaha, berdoa dan berserah diri, (3) kekuasaan dan kebesaran Tuhan, (4) Tuhan Maha Pengampun dan tempat mohon pertolongan, (5) kehidupan manusia di dunia tidak lepas dari ujian dan cobaan, (6) larangan berbuat kerusakan di muka bumi, (7) kewajiban manusia mencari nafkah, (8) cinta tanah air dan perjuangan, ( 9 ) kehidupan di dunia yang tidak kekal, (10 ) amal ibadah sebagai bekal menghadap Tuhan, ( 11 ) kewajiban menggunakan kesempatan untuk beribadah, ( 12 ) larangan takabur, (13) belajar seumur hidup.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Religion, Aspect, Semiotic, approach
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2012 06:56
Last Modified: 04 Jun 2012 13:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item