Pengaruh Pendidikan Guru Pelatihan Pembelajaran Dan Intensitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Sekolah (Studi Kasus SMK se-Kota Surakarta)

Indrayana, Asep (2012) Pengaruh Pendidikan Guru Pelatihan Pembelajaran Dan Intensitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Sekolah (Studi Kasus SMK se-Kota Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Oublikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (451kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan besarnya pengaruh pendidikan guru, pelatihan pembelajaran dan intensitas kepemimpinan kepala sekolah baik secara parsial per variabel maupun secara serempak atau bersama-sama seluruh variabel terhadap prestasi sekolah di SMK Kota Surakarta. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian kuantitatif, penelitian korelasional kausal menggunakan pendekatan ex post facto (non eksperimen). Sebagai populasi adalah seluruh SMK Surakarta yang terdiri dari SMK Negeri 9 sekolah dan SMK Swasta 38 sekolah. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan regresi sederhana dan regresi ganda. Analisis data menggunakan jasa komputer program SPSS versi 11.5 Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan guru terhadap prestasi sekolah sebesar 14,2%, (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan pelatihan pembelajaran yang diikuti oleh guru terhadap prestasi sekolah sebesar 16,5%, (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan intensitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi sekolah sebesar 9,8%, (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan pendidikan guru, pelatihan pembelajaran, dan intensitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi sekolah sebesar 33,7%. Kontribusi intensitas kepemimpinan kepala sekolah paling besar yaitu 16,083 terhadap prestasi sekolah, urutan kedua pendidikan guru yaitu sebesar 4,752 dan urutan ketiga atau terendah adalah diklat pembelajaran sebesar 0,223 Dari tiga variabel yang mempengaruhi prestasi sekolah tersebut, pengaruh pelatihan pembalajaran yang diikuti oleh guru paling besar pengaruhnya terhadap prestasi sekolah. Menyiapkan kepala sekolah yang benar-benar memilki kompetensi untuk jabatan tersebut, mulai dari perekrutan sampai pada pemberhentian. Meningkatkan jenjang pendidikan baik guru maupun kepala sekolah, tentunya dengan cara memberikan beasiswa pada mereka agar tidak mengurangi gaji yang selama ini telah mereka terima. Menyelenggarakan diklat kepemimpinan bagi kepala sekolah dan diklat pembelajaran bagi guru dan kepala sekolah agar mereka berkesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan profesionalismenya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pendidikan guru, pelatihan pembelajaran, intensitas kepemimpinan kepala sekolah, prestasi sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 May 2012 11:14
Last Modified: 29 May 2012 11:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18923

Actions (login required)

View Item View Item