Chalun, Soleh (2012) Pengelolaan Evaluasi Diri Sekolah Sdn Pedurungan Tengah 01 Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Hal Depan)
atribut_Chalun.pdf Download (70kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
|
|
PDF (Surat Pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (13kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) perencanaan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SDN Pedurungan Tengah 01 Semarang. (2) pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SDN Pedurungan Tengah 01 Semarang. dan (3) penilaian proses Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SDN Pedurungan Tengah 01 Semarang. Jenis Penelitian ini kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pedurungan Tengah 01 Semarang. Subjek utama penelitian adalah Kepala Sekolah, dan Guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1). Perencanaan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SDN Pedurungan Tengah 01 Semarang melibatkan berbagai pihak yang tergabung dalam Tim Pengembang Sekolah (TPS). Tim tersebut bertugas untuk melakukan analisis SWOT, mencermati instrument EDS, dan juga mempersiapkan dokumen yang berkaitan dengan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan. (2) Pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah di SDN Pedurungan Tengah 01 Semarang diawali dengan pengumpulan bukti fisik Standar Nasional Pendidikan. Kepala sekolah melakukan pengecekan antara bukti fisik dengan masing-masing indikator. Tahap berikutnya adalah pengisian instrument EDS. Tahap akhir adalah penyusunan laporan EDS. (3) Penilaian Evaluasi Diri Sekolah di SDN Pedurungan Tengah 01 Semarang dilakukan oleh pengawas dari Dinas Pendidikan Kota Semarang yang bertindak sebagai asesor. Aspek yang dinilai adalah 8 Standar Nasional Pendidikan yang terdiri dari 60 butir indikator. Penskorannya dilakukan dengan memberikan nilai 1 untuk indikator yang belum memenuhi SPM, nilai 2 untuk indikator yang sudah memenuhi SPM, nilai 3 untuk indikator yang memenuhi SNP, dan nilai 4 untuk indikator yang melampaui SNP. Hasil EDS menunjukkan bahwa SDN Pedurungan Tengah 01 Semarang sudah masuk dalam kategori SPM (Standar Pelayanan Minimum).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EDS, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 25 May 2012 11:30 |
Last Modified: | 25 May 2012 11:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18843 |
Actions (login required)
View Item |