Pemberian Reward Untuk Siswa Aktif Memanfaatkan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Di Mts Negeri 2 Semarang

Suwajiningsih, Endang (2012) Pemberian Reward Untuk Siswa Aktif Memanfaatkan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Di Mts Negeri 2 Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
atribut_Endang_Suwajiningsih.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Surat Pernyataan)
SURAT_PERNYATAAN_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) karakteristik siswa yang mendapatkan reward dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar di MTs Negeri 2 Semarang, (2) karakteristik pemberian reward untuk siswa aktif memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar di MTs Negeri 2 Semarang, dan (3) karakteristik reward yang diberikan kepada siswa aktif memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar di MTs Negeri 2 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Semarang. Subjek utama penelitian adalah Kepala Sekolah, siswa, pustakawan, dan Guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data penelitian ini adalah analisa data tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1). Siswa MTs Negeri 2 Semarang yang akan diberikan reward adalah siswa yang sering berkunjung ke perpustakaan dengan melakukan aktivitas membaca, meminjam, dan disiplin mengembalikan bukubuku yang disediakan oleh perpustakaan MTs Negeri 2 Semarang. Siswa yang mendapatkan reward melakukan aktivitas-aktivitas tersebut tidak hanya karena tugas dari guru saja, namun atas kemauannya sendiri dengan tujuan untuk memperluas wawasannya. (2) Pemberian reward bagi siswa yang memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar di MTs Negeri 2 Semarang dilakukan setiap akhir semester. Sebelum pemberian reward, guru dan pustakawan menilai keaktifan siswa dalam memanfaatkan layanan dan juga kedisiplinan dalam mengerjakan tugas. Hasil penilaian tersebut dilaporkan kepada kepala sekolah berupa grafik. (3) Sekolah memberikan reward bagi siswa yang aktif memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Reward yang diberikan berupa piagam yang diberikan kepala sekolah. Guru di dalam kelas memberikan pujian motivasi dan aplaus kepada siswa, dan juga menghimpun dana dengan pustakawan untuk memberikan perlengkapan sekolah bagi siswa. Selain itu, pihak sekolah memberikan punishment bagi siswa yang belum optimal dalam memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar berupa berupa peringatan, teguran dan sanksi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan, reward, siswa, aktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 25 May 2012 11:16
Last Modified: 25 May 2012 11:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18840

Actions (login required)

View Item View Item