Penggunaan Modul Buku Sekolah Elektronik Dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Suatu Kajian Etnografi di Sekolah Standar Nasional SMP Negeri 3 Patebon)

PRIHATININGSIH , NANIK (2012) Penggunaan Modul Buku Sekolah Elektronik Dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Suatu Kajian Etnografi di Sekolah Standar Nasional SMP Negeri 3 Patebon). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._halaman_depan_.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I_.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan(1) pengembangan materi buku sekolah elektronik dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan. (2) ragam problem dalam penggunaan modul buku sekolah elektronik dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan. (3) keunggulandan kelemahan modul buku sekolah elektronik dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain Etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 3 Patebon. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa di lingkungan SMPN 3 Patebon. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2)reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1). Pengembangan materi buku sekolah elektronik dalam KTSP di SMPN 3 Patebon sesuai dengan ketentuan KTSP baik dari standar kompetensinya maupun kompetensi dasarnya. Materi dalam BSE lebih luas khususnya pada materi aljabar kelas VII dalam sub materi operasi hitung. Pengembangan materi dilakukan dengan prisip kontekstual dan konstruktivistik. Materi soal lebih variasi yang terdiri dari 5 jenissoal yaitu Uji kompetensi, Tugas mandiri, Diskusi, Soal Tantangan, serta Evaluasi. (2) Ragam problem dalam penggunaan modul buku sekolah elektronik dalam KTSPdi SMPN 3 Patebon berasal dari berbagai komponen. Di awal penggunaannya sekolah kesulitan dalam menyediakan fasilitas. Proses penyediaan modul BSE lama, sehingga guru masih menggunakan buku lama. Pembelajarn menggunakan Modul BSE tidak jauh berbeda dengan permbelajaran sebelumnya, siswa masih saja pasif, kurang berminat serta kurang tertarik mengikuti pembelajaran. hal ini menyebabkan guru melakukan kegiatan kegatan eksplorasi, elaborasi, serta konfirmasi dengan optimal. Alokasi dana BOS masih belum mencukupi dalam penggunaan modul BSE, untuk kelas VIII dan kelas IX masih menunggu pencairan dana BOS pada tahap berikutnya. (3) Ada beberapa keunggulan modulbuku sekolah elektronik dalam KTSP di SMPN 3 Patebon. Khusus untuk KD melakukan operasi bentuk aljabar, BSE menyajikan rumus-rumus yang lengkap bahkan untuk perkalian aljabar memberikan dua alternatif rumus yang dapat digunakan siswa dalam menyelesaikan soal perkalian aljabar. Namun, dalam KD menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya masih minim contoh soal, sehingga siswa juga memerlukan waktu yang lebih lama dalam memahami KD tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: bse, ktsp, materi, keunggulan, kelebihan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 May 2012 11:06
Last Modified: 25 May 2012 11:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18838

Actions (login required)

View Item View Item