Model Perlindungan Hukum Kemitraan Usaha Antara Peternak Ayam Dengan Pemodal Dalam Prespektif Kesejahteraan (Studi Kasus Desa Badran Tugurejo Jumantono Di Kabupaten Karanganyar)

Setiyanto,, Moh Amin Choiri (2012) Model Perlindungan Hukum Kemitraan Usaha Antara Peternak Ayam Dengan Pemodal Dalam Prespektif Kesejahteraan (Studi Kasus Desa Badran Tugurejo Jumantono Di Kabupaten Karanganyar). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
file_halaman_depan.oke.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI1.pdf

Download (279kB)

Abstract

Pola kemitraan inti plasma pada usaha peternakan ayam potong/broiler di kabupaten Karanganyar, merupakan salah satu usaha pengembangan ekonomi kerakyaan yang bertumpu pada sektor agribisnis. Dengan pola kemitraan ini peternak diuntungkan dari segi permodalan, sedangkan perusahaan inti diuntungkan karena bisa memasarkan hasil produksi berupa sarana produksi peternakan. Permasalahan yang sering terjadi adalah adanya perusahaan inti yang kurang bertanggung jawab pada peternak plasmanya, hal ini disebabkan ketidakseimbangngan posisi tawar antara inti dan plasma pada perjanjian yang disepakati. Pihak inti dengan latar belakang yang lebih kuat, baik dari modal, SDM maupun manajemen menentukan seluruh isi perjanjian, sedangkan peternak plasma hanya menerima saja. Penulisan tesis ini bertujuan mengetahui secara jelas bagaimana kedudukan dan hubungan hukum antara peternak plasma dan perusahaan inti, juga untuk mengetahui sejauh mana perjanjian kemitraan yang terjadi dapat memberikan perlindungan hukum bagi peternak. Berdasarkan hasil wawancara penulis dengan responden maka diketahui, bahwa peternak plasma yang ada di Kabupaten Karanganyar juga mempunyai posisi yang lemah saat menerima perjanjian kemitraan yang ditawarkan olah perusahaan inti. Kondisi ini menyebabkan peternak plasma sering menanggung seluruh resiko dari perjanjian pola kemitraan, di satu sisi perusahaan inti bisa dengan mudah membatalkan perjanjian secara sepihak apabila dirasakan pola kemitraan tersebut tidak lagi menguntungkan. Sedangkan peran pemerintah daerah sendiri masih sangat kurang untuk melindungi kepentingan peternak plasma, sebagai akibatnya peternak tidak bisa menuntut apabila perusahaan inti ingkar janji. Di Kabupaten Karanganyar samapai saat ini ada 5 PT yang melaksanakan kemitraan dengan pola inti plasma, yaitu: PT Ciomas Adi Satwa EX Pkp; PT Wonokoyo; PT MTM; PT Genesis dan PT MSA. Dari ke-lima PT tersebut hanya PT Ciomas Adi Satwa EX Pkp dan PT Wonokoyo yang sering memberikan pembinaan pada petani plasmanya. Selain itu ke-dua PT tersebut juga tidak mengharuskan peternak plasmanya mengganti biaya produksi apabila terjadi kegagalan panen. Secara umum pada kondisi normal, perjanjian kemitraan dengan pola inti plasma ini saling menguntungkan kedua belah pihak. Oleh karena itu untuk meningkatkan produktivitas peternak plasma yang ada di Kabupaten Karanganyar, perlu kiranya pemerintah daerah membuat perangkat peratuan daerah yang mengatur perusahaan inti yang ingin berinvestasi, dengan demikian peternak plasma akan mempunyai posisi yang lebih kuat saat membuat perjanjian dengan perusahaan inti.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Perlindungan Hukum Kemitraan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Hukum
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 May 2012 10:20
Last Modified: 25 May 2012 12:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18830

Actions (login required)

View Item View Item