Aktivitas Antibakteri dan Bioautografi Ekstrak Etanol Daun Jambu Monyet (Anacardium Occidentale L.) Terhadap Pseudomonas Aeruginosa Multiresisten dan Klebsiella Pneumoniae

Priliani , Dwipeni Iratih (2012) Aktivitas Antibakteri dan Bioautografi Ekstrak Etanol Daun Jambu Monyet (Anacardium Occidentale L.) Terhadap Pseudomonas Aeruginosa Multiresisten dan Klebsiella Pneumoniae. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._Daftar_Pustaka.pdf

Download (61kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah jambu monyet (Anacardium occidentale L.). Daun jambu monyet mengandung beberapa senyawa yang dapat beraktivitas sebagai antibakteri seperti fenol, flavonoid, tannin, alkaloid, dan saponin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak etanol daun jambu monyet terhadap Pseudomonas aeruginosa multiresisten dan Klebsiella pneumoniae dan mengetahui senyawa aktif yang terkandung di dalam ekstrak etanol daun jambu monyet. Daun jambu monyet diekstraksi menggunakan etanol 96% secara maserasi. Ekstrak diuji aktivitas antibakterinya pada konsentrasi 0,1%, 0,15%, 0,2%, 0,25%, dan 0,3% untuk Pseudomonas aeruginosa multiresisten dan 0,2%, 0,3%, 0,4%, 0,5%, dan 0,6% untuk Klebsiella pneumoniae dengan menggunakan metode dilusi padat. Senyawa yang terkandung di dalam ekstrak etanol daun jambu monyet diketahui dengan uji Kromatografi Lapis Tipis (KLT). Uji bioautografi dilakukan untuk mengetahui kandungan kimia dalam ekstrak etanol daun jambu monyet yang mempunyai fungsi sebagai antibakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun jambu monyet mempunyai aktivitas sebagai antibakteri terhadap Pseudomonas aeruginosa multiresisten dan Klebsiella pneumoniae dengan Kadar Hambat Minimal (KHM) berturut-turut sebesar 0,15% dan 0,5%. Hasil KLT menunjukkan bahwa di dalam ekstrak etanol daun jambu monyet terkandung senyawa fenol dan minyak atsiri yang mempunyai aktivitas sebagai antibakteri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anacardium occidentale L., Pseudomonas aeruginosa multiresisten, Klebsiella pneumoniae, KLT, bioautografi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 25 May 2012 04:15
Last Modified: 25 May 2012 14:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item View Item