Aktivitas Antibakteri Dan Bioautografi Ekstrak Etanol Daun Jambu Monyet (Anacardium Occidentale L.) Terhadap Streptococcus Mutans Dan Shigella Sonnei

NOVITASARI, FIFI (2012) Aktivitas Antibakteri Dan Bioautografi Ekstrak Etanol Daun Jambu Monyet (Anacardium Occidentale L.) Terhadap Streptococcus Mutans Dan Shigella Sonnei. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
00.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
01.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (Bab 2)
02.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab 3)
03.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab 4)
04.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
05_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
06_LAMP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)

Abstract

Salah satu tanaman yang dapat digunakan sebagai obat adalah jambu monyet (Anacardium occidentale L.). Daun jambu monyet dapat digunakan sebagai obat sariawan, luka bakar, penurun tekanan darah dan gula, antibakteri, dan antijamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kadar Hambat Minimum (KHM) ekstrak etanol daun jambu monyet terhadap Streptococcus mutans dan Shigella sonnei serta untuk mengetahui senyawa yang beraktivitas antibakteri. Ekstraksi daun jambu monyet menggunakan penyari etanol 96% dengan metode maserasi. Uji aktivitas antibakteri dilakukan untuk menentukan Kadar Hambat Minimum (KHM) dengan metode dilusi padat. Seri konsentrasi terhadap Streptococcus mutans yaitu 0,05%; 0,1%; 0,2%; 0,3%; dan 0,4% dan seri konsentrasi terhadap Shigella sonnei yaitu 0,3%; 0,4%; 0,5%; 0,6%; dan 0,7%. Kandungan senyawa dideteksi dengan Kromatografi Lapis Tipis (KLT). Senyawa aktif yang mempunyai aktivitas antibakteri dideteksi dengan bioautografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun jambu monyet memberikan Kadar Hambat Minimum (KHM) terhadap Streptococcus mutans pada konsentrasi 0,3% dan Shigella sonnei pada 0,5%. Hasil KLT menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun jambu monyet mengandung fenol dan minyak atsiri. Hasil uji bioautografi ekstrak etanol daun jambu monyet menunjukkan senyawa yang beraktivitas antibakteri adalah fenol dan minyak atsiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anacardium occidentale L., Streptococcus mutans, Shigella sonnei, antibakteri, bioautografi
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 24 May 2012 10:14
Last Modified: 24 May 2012 10:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18804

Actions (login required)

View Item View Item