Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Slamet Riyadi Periode Maret-Mei 2011

Kusumawati, Betty (2012) Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Informasi Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Slamet Riyadi Periode Maret-Mei 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)

Abstract

Banyaknya obat yang memberi manfaat terapi haruslah diimbangi dengan pelayanan informasi obat dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat. Instalasi Farmasi Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta telah melaksanakan pelayanan informasi obat, akan tetapi bila pelaksanaan pelayanan informasi obat yang diberikan kurang berkualitas, dapat menyebabkan ketidakpuasan bagi pasien. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Slamet Riyadi Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan analisis deskriptif dan dilakukan secara observasional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 269 responden. Data penelitian diperoleh dari kuesioner yang terdiri dari kuesioner kinerja dan kuesioner harapan. Analisis kepuasan dilakukan dengan menggunakan skala likert, kemudian data ditampilkan dalam bentuk diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi keandalan, rata-rata pasien sebesar 0,74 menunjukkan pasien merasa cukup puas. Dimensi daya tanggap rata – rata pasien sebesar 0,68 menunjukkan pasien merasa cukup puas. Dimensi kepastian rata-rata pasien sebesar 0,77 menunjukkan pasien merasa cukup puas. Dimensi empati rata-rata pasien sebesar 0,80 menunjukkan pasien merasa sangat puas. Dimensi berwujud rata-rata pasien sebesar 0,66 menunjukkan pasien merasa cukup puas. Secara keseluruhan nilai rerata dari kelima dimensi pada pasien rawat jalan dengan tingkat kepuasan 0,71 yang berarti pasien merasa cukup puas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Informasi Obat, Kepuasan Pasien, Tingkat Kepuasan, Pasien rawat jalan
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 May 2012 07:46
Last Modified: 24 May 2012 07:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18797

Actions (login required)

View Item View Item