Aktivitas Antibakteri Kombinasi Ekstrak Etanol Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan Siprofloksasin Terhadap Bakteri Escherichia coli dan Escherichia coli Multiresisten

Hidayati, Farchatul (2012) Aktivitas Antibakteri Kombinasi Ekstrak Etanol Buah Mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan Siprofloksasin Terhadap Bakteri Escherichia coli dan Escherichia coli Multiresisten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (214kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (832kB)

Abstract

Penyakit infeksi banyak diderita masyarakat di antaranya infeksi enterobakteria yaitu Escherichia coli. Pengobatan infeksi dengan terapi antibiotik yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kekebalan antimikroba. Penggabungan dua obat adalah salah satu cara untuk memperlambat timbulnya resistensi terhadap suatu obat. Siprofloksasin merupakan antibiotik yang digunakan untuk infeksi saluran kencing yang disebabkan oleh E. coli. Buah mengkudu terbukti memiliki aktivitas antibakteri terhadap E. coli dan E. coli multiresisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri dan efek kombinasi ekstrak etanol buah mengkudu (Morinda citrifolia L.) dan antibiotik siprofloksasin terhadap E. coli dan E. coli multiresisten. Ekstrak etanol buah mengkudu diperoleh melalui ekstraksi dengan metode maserasi menggunakan penyari etanol 96%. Ekstrak diuji aktivitas antibakterinya terhadap E. coli dan E. coli multiresisten dengan metode Difusi Kirby Bauer. Ekstrak etanol buah mengkudu dengan konsentrasi 50% dan kombinasi diuji dengan tiga seri perbandingan 25:75, 50:50, dan 75:25. DMSO 100% digunakan sebagai kontrol negatif, ekstrak etanol buah mengkudu 50% serta siprofloksasin murni 0,2% sebagai kontrol positif. Pengamatan analisis hasil dilakukan dengan mengukur besarnya diameter zona hambat radikal yang dilakukan kombinasi ekstrak etanol buah mengkudu dan siprofloksasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak etanol buah mengkudu dan antibiotik siprofloksasin memiliki aktivitas antibakteri terhadap E. coli dan E. coli multiresisten. Kombinasi ekstrak etanol buah mengkudu dan antibiotik siprofloksasin mempunyai efek sinergis terhadap E. coli dan E.coli multiresisten pada perbandingan 25:75.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak etanol, mengkudu, Morinda citrifolia L., siprofloksasin, Escherichia coli, multiresisten.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 May 2012 06:57
Last Modified: 24 May 2012 06:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18792

Actions (login required)

View Item View Item