Demy, Astrid Widowati (2008) FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK PENDORONG DAN KENDALA PENGEMBANGAN SILABUS MATEMATIKA KTSP SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA (Studi Multi Kasus di SMA Muhammadiyah 1, 2 dan 3 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410040005.pdf Restricted to Repository staff only Download (938kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan memaknai hal-hal yang paling mendasar dalam faktor-faktor strategik pendorong dan kendala pengembangan silabus matematika kurikulum tingkat satuan pendidikan SMA. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Tempat penelitian di SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Sumber data adalah guru, siswa dan dokumen -dokumen yang ditentukan secara purposif dan snowball sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi metode dan member check. Teknik analisis data secara interaktif. Hasil penelitian (1) faktor-faktor yang meliputi (a) demografis (iklim kelas) di tempat penelitian memberi pengaruh terhadap keberhasilan proses belajar mengajar, (b) hubungan sekolah dengan orang tua maupun masyarakat di tempat penelitian terjalin hubungan kerjasam yang baik guna mendukung proses belajar mengajar, (c) kondisi ekonomi orang tua siswa di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta termasuk kelas menengah keatas, sedangkan kondisi ekonomi SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta termasuk kelas menengah ke bawah, (2) kendala yang dialami antara lain (a) SMA Muhammadiyah 1 tidak menerapkan jam wajib mengajar bagi guru-guru dan belum memiliki laboratorium matematika, (b) SMA Muhammadiyah 2 Surakarta baru saja merintis laboratorium matematika sehingga pemanfaatan sarana dan prasarana belum maksimal, (c) SMA Muhammadiyah 3 Surakarta belum memiliki laboratorium matematika. Kesimpulan (1) faktor-faktor strategik meliputi demografis, hubungan sekolah dengan orang tua dan masyarakat serta kondisi ekonomi orang tua siswa sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar mendukung pengembangan silabus matematika kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta (2) kendala yang dialami dalam pengembangan silabus matematika kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, SMA Muhammadiyah 2 Surakarta dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta antara lain pemanfaatan sarana dan prasarana kurang maksimal sehingga harus lebih ditingkatkan serta kendala yang terjadi dilingkungan sekolah sebaiknya dapat dicegah lebih dini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | demografis, sumber daya manusia, sarana dan prasarana. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jul 2008 04:15 |
Last Modified: | 31 Jan 2011 06:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/187 |
Actions (login required)
View Item |