Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Problem Based Instruction Berbasis Media Visual ( PPK Pada Siswa Kelas VIII C MSmp Negeri 1 Weru )

Katriani, Katriani (2012) Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Problem Based Instruction Berbasis Media Visual ( PPK Pada Siswa Kelas VIII C MSmp Negeri 1 Weru ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman )
02._Halaman_Depan.pdf

Download (255kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan metode problem based instruction berbasis media visual untuk meningkatkan keaktifan belajar matematika pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Weru. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Weru yang berjumlah 38 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran problem based instruction berbasis media visual dapat meningkatkan keaktifan belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri Weru. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator: 1) mengajukan pertanyaan, dari sebelum tindakan 5,26% menjadi 26,31% pada akhir tindakan, 2) menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan 10,52% menjadi 28,94% pada akhir tindakan, mengerjakan soal latihan, dari sebelum tindakan 44,73% menjadi 89,47% pada akhir tindakan, 4) mengerjakan soal di depan kelas, dari sebelum tindakan 13,15% menjadi 36,84% pada akhir tindakan, 5) diskusi kelompok, dari sebelum tindakan menjadi 52,63% pada akhir tindakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, metode problem based instruction, media visual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 May 2012 07:11
Last Modified: 15 May 2012 12:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18693

Actions (login required)

View Item View Item