Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here sebagai Upaya Meningkatkan Antusiasme dalam Kegiatan Pembelajaran PKN Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012

Sekarini, Wanda Ayuda (2012) Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here sebagai Upaya Meningkatkan Antusiasme dalam Kegiatan Pembelajaran PKN Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (264kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I_skripsi.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_skripsi.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme dalam kegiatan pembelajaran PKn materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 melalui penerapan strategi Everyone is a Teacher Here. Antusiasme dalam kegiatan pembelajaran PKn sangat kurang sebelum diberikan tindakan kelas dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya, antara lain: menggunakan strategi pembelajaran diskusi, tanya jawab, dan ceramah bervariasi. Hasilnya penerapan strategi pembelajaran tersebut belum mampu meningkatkan antusiasme dalam kegiatan pembelajaran PKn. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan strategi Everyone is a Teacher Here. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 39 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktifitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Diharapkan dengan penerapan strategi Everyone is a Teacher Here antusiasme dalam proses pembelajaran PKn materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat meningkat minimal 80% dari 39 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat antusiasme dalam kegiatan pembelajaran PKn pada materi makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama di kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 yaitu sebelum diadakan penelitian tindakan kelas adalah 19 siswa (48,71%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu dengan menerapkan strategi Everyone is a Teacher Here, siklus I meningkat menjadi 28 siswa (71,79%) dan siklus II meningkat menjadi 32 siswa (82,05%). Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka hipotesis tindakan yang menyatakan “Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here dapat Meningkatkan Antusiasme dalam Kegiatan Pembelajaran PKn Materi Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama pada Kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A220/2012-21
Uncontrolled Keywords: Everyone is a Teacher Here, Antusiasme dalam kegiatan pembelajaran PKn, Makna Proklamasi Kemerdekaan dan Konstitusi Pertama.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 15 May 2012 06:14
Last Modified: 18 Jun 2012 07:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18691

Actions (login required)

View Item View Item