PRASETYO, MUCH EFFENDI AGUNG (2012) Strategi Promosi Cv. Batik Putra Laweyan Meningkatkan Ekuitas Merek (Studi Kualitatif Di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
SAMPUL.pdf Download (236kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf Download (33kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
Abstract
Produk batik beberapa dekade lalu memang banyak mengalami kendala, terutama pemasaran ke luar negeri dalam menghadapi persaingan global. Namun setelah pemerintah memperhatikan industri dalam negeri khususnya dunia tekstil dan batik sebagai salah satu andalan produk yang memiliki prospek, karena produk dengan segmen budaya dan tinggi nilai tradisionalnya yang menjadi trend dunia karena adanya isu yang hendak mengangkat nilai-nilai lokal, etnis dan seni kriya. Produk batik menjadi andalan Indonesia memasuki pasaran dunia. Hal ini didukung kebijakan pemerintah (termasuk pemerintah Kota Surakarta) untuk menggalakan produk seni lokal, kemudian batik di Laweyan mendapat prioritas menjadi andalan komoditi produk lokal untuk merambah pasar global. Kampoeng Batik Laweyan terbentuk untuk menjawab permintaan pasar nasional dan internasional. Hal tersebut menjadi faktor pendorong pengusaha-pengusaha batik di Laweyan untuk lebih eksis dalam memproduksi dan memasarkan batik, sebagaimana yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi promosi yang dikembangkan untuk meningkatkan ekuitas merek batik CV. Putra Laweyan Solo dan Mengetahui manfaat ekuitas merek bagi keberlangsungan usaha batik CV. Putra Laweyan Solo. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data yang dilakukan dengan studi lapangan (wawancara dan studi dokumentasi. Metode analisis data, analisis data interaktif, komponen reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Strategi promosi yang dikembangkan CV. Batik Putra Laweyan Solo untuk meningkatkan ekuitas merek, diantaranya melalui menghubungkan pelanggan atau calon pelanggan dengan produk atau jasa dari suatu merek atau perusahaan adalah jalur yang potensial untuk menyampaikan pesan dimasa datang. Strategi itu antara lain: mempengaruhi perilaku, berawal dari pelanggan atau calon pelanggan, menggunakan seluruh bentuk “kontak” dan menciptakan sinergi. Kemudian berbalik kepada perusahaan untuk menentukan dan mendefinisikan bentuk dan metode yang perlu dikembangkan bagi program komunikasi yang persuasif. Manfaat ekuitas merk bagi keberlangsungan usaha CV. Batik Putra Laweyan agar menjadi lebih dikenal oleh kalangan masyarakat luas sehingga nilai penjualan Batik Putra Laweyan mengalami peningkatan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Promosi, Ekuitas Merek, Batik Laweyan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 11 May 2012 10:13 |
Last Modified: | 11 May 2012 13:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18653 |
Actions (login required)
View Item |