Hidayati, Krisdiana (2008) PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN SMA MUHAMMADIYAH KOTA SURAKARTA (Studi Multi Kasus di SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410040125.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, memahami dan memaknai hal – hal yang paling mendasar dalam perencanaan pembelajaran matematika KTSP SMA Muhammadiyah kota Surakarta. Subjek penelitian adalah guru matematika dan peserta didik SMA Muhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian ini menunjukkan prinsip –prinsip perencanaan pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah ilmiah pada kegiatan pembelajarannya, memadai, aktual dan kontekstual, serta fleksibel. Prinsip – prinsip perencanaan pembelajaran SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah ilmiah, memadai pada indikator, materi pokok, sumber belajar dan sistem penilaian, aktual dan kontekstual, fleksibel dan menyeluruh. Prinsip – prinsip perencanaan pembelajaran matematika di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta yaitu ilmiah, relevan, memadai pada sumber belajar, aktual dan kontekstual serta fleksibel. Tata urutan perencanaan pembelajaran di ketiga tempat penelitian memperhatikan prinsip sistematis dan konsisten. Langkah–langkah perencanaan pembelajaran di ketiga tempat penelitian sudah mengkaji SK dan KD, mengidentifikasi materi pokok, melaksanakan kegiatan pembelajaran, merumuskan indikator pencapaian kompetensi, menentukan jenis penilaian, alokasi waktu dan sumber belajar. Faktor pendukung perencanaan pembelajaran di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah karakteristik guru matematika, karakteristik peserta didik, media dan alat peraga serta MGMP. Faktor pendukung perencanaan pembelajaran di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta adalah karakteristik guru matematika, karakteristik peserta didik, media dan alat peraga, laboratorium dan MGMP. Faktor pendukung perencanaan pembelajaran matematika SMA Muhammadiyah 3 Surakarta adalah karakteristik guru matematika dan MGMP. Kendala perencanaan pembelajaran matematika adalah keadaan perpustakaan yang kurang memadai dan belum tersedianya laboratorium matematika di SMA Muhammadiyah 1 dan SMA Muhammadiyah 3 Surakarta. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru matematika di ketiga tempat penelitian kurang memperhatikan prinsip – prinsip perencanaan pembelajaran. Langkah – langkah perencanaan pembelajaran di ketiga tempat penelitian sudah memenuhi prosedur. Faktor pendukung perencanaan pembelajaran matematika di ketiga tempat penelitian adalah karakteristik guru matematika dan MGMP. Sedangkan kendala perencanaan pembelajaran, yaitu keadaan perpustakaan kurang memadai
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pembelajaran, prinsip–prinsip, langkah–langkah, faktor pendukung dan kendala |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 23 Jul 2008 03:59 |
Last Modified: | 24 Oct 2011 07:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/186 |
Actions (login required)
View Item |