Perbedaan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Pernikahan Antara Pria Berpendapatan Tinggi dengan Pria Berpendapatan Rendah Di KUA Kecamatan Laweyan Surakarta

Matatula, Yohana Lourensia (2012) Perbedaan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Pernikahan Antara Pria Berpendapatan Tinggi dengan Pria Berpendapatan Rendah Di KUA Kecamatan Laweyan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)

Abstract

Latar Belakang : Kecemasan sering dialami oleh hampir setiap manusia, tuntutan terhadap keadaan sosial ekonomi merupakan tantangan tersendiri bagi pria dalam menjelang pernikahan karena pria diberi kepercayaan untuk menyandang peran sebagai pencari nafkah dalam keluarga, hal inilah yang dapat memicu timbulnya kecemasan pada pria tersebut. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan dalam menghadapi pernikahan antara pria berpendapatan tinggi dengan pria berpendapatan rendah di KUA Kecamatan Laweyan Surakarta. Metedologi Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, sampel diambil secara Purposive Sampling, sebanyak 82 pria, 41 pria berpendapatan tinggi dan 41 pria berpendapatan rendah. Analisis datanya dengan Chi square diolah menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 17.0 for Windows. Hasil penelitian : Dari hasil uji statistik dengan Chi square menggunakan SPSS 17 for windows didapatkan nilai probabilitas signifikansi (p) = 0,000 dengan demikian p < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Keseimpulan Penelitian : pria berpendapatan rendah lebih cemas daripada pria berpendapatan tinggi dalam menghadapi pernikahan. Saran : Bagi Pria sebaiknya lebih mempersiapkan diri secara matang dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT agar lebih tenang dan dapat menyesuaikan diri dengan baik dalam menjelang pernikahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Pria Berpendapatan Tinggi dan Rendah, Pernikahan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 May 2012 06:04
Last Modified: 05 May 2012 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item View Item