Hubungan Tingkat Pendidikan Formal Ibu Dengan Pemberian Dini Susu Formula Pada Balita

Aristianto, Indra (2012) Hubungan Tingkat Pendidikan Formal Ibu Dengan Pemberian Dini Susu Formula Pada Balita. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Latar belakang : World Health Organization (WHO) merevisi rekomendasi global mengenai pemberian ASI secara eksklusif sampai enam bulan (Katz, 2008) Pemberian susu non-ASI seperti susu formula menjadi salah satu penyebab ibu tidak memberikan ASI ekslusif kepada bayinya dan salah satu faktor yang diduga berhubungan dengan praktek ASI eksklusif antara lain tingkat pendidikan (Rachmadewi.2009) Tujuan : Berdasarkan masalah diatas, maka tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan formal ibu dengan pemberian dini susu formula pada balita. Metodologi penelitian :Rancangan penelitian yang digunakana dalah cross sectional dengan cara analitikob servasional . Metode pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 90 ibu-ibu yang memiliki anak balita dipuskesmas Baki Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian :Dari data yang diperoleh sebanyak 90 ibu balita , ibu balita yang tingkat pendidikan formal rendah sebanyak 50 orang dan telah memberikan susu formula dini pada balita sejumlah 38 orang dan 12 memberikan sesuai anjuran. Sedangkan ibu balita yang pendidikan formal tinggi sebanyak 40 orang dan memberikan susu formula sesuai waktu anjuran sebanyak 29 orang sedangkan yang memberikan susu formula dini pada anak balitanya sebanyak 11 orang ibu. Dari analisis data menggunakan Chi Square didapatkan nilai RP = 2,6 yang artinya ibu balita yang berpendidikan formal rendah memiliki peluangsebesar 2,6 untuk memberikan susu formula dini disbanding dengan ibu yang berpendidikan tinggi. Kesimpulan :Berdasarkan analisis data dengan cji square dengan signifikan 0,000 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan bermakna dan signifikan(p≤0,005) antara tingkat pendidikan formal ibu dengan pemberian dinisusu formula pada balita

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan , susu formula
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 May 2012 05:39
Last Modified: 05 May 2012 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18535

Actions (login required)

View Item View Item