Hubungan Tingkat Pengetahuan lansia Dengan Perilaku lansia Dalam Pemenuhan Personal Hygiene di panti Wredha Darma Bakti Pajang Surakarta

Erdhayanti, Silis and , Abi Muhlisin, SKM, M.Kep and , Kartinah A.Kep,. S.kep (2012) Hubungan Tingkat Pengetahuan lansia Dengan Perilaku lansia Dalam Pemenuhan Personal Hygiene di panti Wredha Darma Bakti Pajang Surakarta. Skripsi thesis, Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.I)
3._BAB_I.pdf

Download (117kB)
[img] PDF (Bab.II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab.III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab.IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab.V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)

Abstract

Upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia (lansia) diarahkan agar lansia tetap dapat diberdayakan. Upaya pemeliharaan kebersihan diri mencakup tentang kebersihan rambut, mata, telinga, gigi, mulut, kulit, kuku, serta kebersihan dalam berpakaian. Untuk dapat melakukan kebersihan diri pada lansia diperlukan suatu pengetahuan yang baik agar kebersihan diri dapat diterapkan sebaik mungkin. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa wawancara dari 6 lansia itu sendiri, 4 di antaranya mengatakan tidak membersihkan bagian mulut, mereka merasa giginya sudah tidak lengkap, tidak perlu untuk membersihkan bagian mulut, dan mengatakan belum tahu membersihkan mulut dengan tidak adanya gigi. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan lansia dengan perilaku lansia dalam pemenuhan personal hygiene di panti Wreda Drama Bakti Pajang Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan crossectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 46 lansia. Data penelitian pengetahuan diperoleh dari kuesioner, sementara personal hygiene denga cara chekclist kepada lansia. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil peneltian menunjukkan 5 responden (10,9%) dengan pengetahuan tinggi, 16 responden (34,8%) dengan pengetahuan sedang, dan 25 responden (54,3%) dengan pengetahuan rendah. Pemenuhan personal hygiene menunjukkan 10 responden (21,7%) dengan personal hygiene baik, 15 responden (32,6%) cukup, dan 21 responden (45,7%) masih kurang. Hasil uji hipotesis dengan Rank Spearman menunjukkan nilai rho sebesar 0,360 dengan p = 0,014 sehingga kesimpulannya adalah ada hubungan tingkat pengetahuan lansia dengan perilaku lansia dalam pemenuhan personal hygiene di panti Wreda Darma Bakti Pajang Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-15
Uncontrolled Keywords: Lanjut usia,Pengetahuan,Personal Hygiene
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 03 May 2012 11:28
Last Modified: 18 Nov 2019 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item