Pengaruh Sikap Kerja Angkat Angkut Manual Terhadap Keluhan Sistem Muskuloskeletal Pada Pekerja Kuli Borong Di Pt. Sido Muncul Semarang

RIYANTO , AMIN (2012) Pengaruh Sikap Kerja Angkat Angkut Manual Terhadap Keluhan Sistem Muskuloskeletal Pada Pekerja Kuli Borong Di Pt. Sido Muncul Semarang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas pekerjaan bongkar muat di PT. Sido Muncul masih dilakukan secara manual dan mengandalkan tenaga manusia. Kondisi ini tentu saja berpotensi untuk menimbulkan permasalahan khususnya keluhan pada sistem muskuloskeletal (MSDs) terhadap pekerja kuli borong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap kerja angkat angkut manual terhadap keluhan sistem muskuloskeletal pada pekerja kuli borong di PT. Sido Muncul. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan Non Equivalent Control Group dan rancangan penelitian ini membandingkan hasil intervensi (kelompok percobaan) dengan kelompok sebelum perlakuan (kelompok kontrol). Populasi dalam penelitian ini adalah semua kuli borong yang bekerja di PT. Sido Muncul sebanyak 15 orang dan sampel adalah seluruh populasi (total sampling). Pengumpulan data dengan cara observasi , wawancara, pengamatan, dan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan wilcoxon Signed-Rank Test dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh sikap kerja angkat angkut manual terhadap keluhan sistem muskuloskeletal, dengan total skor rata-rata keluhan sebelum perbaikan sikap pre test = 74,07 setelah perbaikan sikap post test = 41,27 dan dari hasil uji Wilcoxon Signed-Rank Test adalah signifikan (nilai sign. = 0,001 karena nilai P < 0,05). Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pekerja yang memperoleh pendidikan berupa penyuluhan dan praktek mengenai sikap dan posisi kerja yang benar dapat menurunkan tingkat keluhan si stem muskuloskeletal. Sehingga bagi perusahaan sebaiknya lebih sering melakukan pemberian informasi mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) baik kepada pekerja yang baru atau kepada pekerja yang lama secara berkala.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J410/2012-02
Uncontrolled Keywords: sikap kerja angkat angkut, keluhan sistem muskuloskeletal
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 03 May 2012 10:21
Last Modified: 05 Jul 2012 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18487

Actions (login required)

View Item View Item