Hubungan Asupan Zat Gizi Besi, Asam Folat, Vitamin B12, Dan Vitamin C Dengan Kejadian Anemia Pada Pelajar Putri SMK Muhammadiyah 4 Surakarta

Cahyaningtyas , Ari (2012) Hubungan Asupan Zat Gizi Besi, Asam Folat, Vitamin B12, Dan Vitamin C Dengan Kejadian Anemia Pada Pelajar Putri SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)

Abstract

Masalah gizi khususnya pada permasalahan gizi mikro saat ini menjadi perhatian oleh beberapa pihak. Anemia merupakan masalah gizi paling utama yang disebabkan karena kekurangan zat gizi besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C. Dari semua kelompok umur, wanita mempunyai risiko paling tinggi untuk menderita anemia terutama remaja putri. Anemia pada remaja putri diantaranya dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena penyakit, menurunkan aktivitas remaja yang berkaitan dengan fisik, dan prestasi belajar, serta munurunkan kebugaran remaja, yang berpengaruh terhadap prestasi dan produktivitas. Tujuan : Mengetahui hubungan antara asupan zat besi, Asam folat, Vitamin B12 dan Vitamin C dengan kejadian anemia pada remaja putri SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan crossectional. Jumlah sampel sebanyak 55 dipilih dengan metode random sampling. Data asupan zat besi, asam folat, vitamin B12 dan vitamin C dikumpulkan melalui recall 24 jam selama 3 hari dan kebiasaan makanan diperoleh melalui pertanyaan yang diajukan kepada subjek penelitian. Analisis data menggunakan uji pearson product moment. Hasil : Tingkat asupan zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vtamin C yang memiliki kategori kurang yang paling tinggi adalah asupan zat gizi besi dan asam folat yaitu 94,5%, dan untuk kategori cukup paling tinggi yaitu asupan vitamin B12 sebanyak 18,2%. Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara asupan zat besi, asam folat, vitamin B12, dan vitamin C dengan kejadian anemia, Saran : Siswi mengkonsumsi suplemen besi dan perlu adanya penelitian lanjut dengan memperhatikan penyakit penyerta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rak J310/2012-19
Uncontrolled Keywords: zat besi, asam folat, vitamin B12, vitamin c, anemia, remaja putri
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 03 May 2012 05:29
Last Modified: 13 Sep 2022 06:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18480

Actions (login required)

View Item View Item