Pengaruh Chest Therapy Terhadap Saturasi Oksigen Pada Pasien Penyakit Paru Obstruksi Kronis Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta

Arifin, Asyhara Naela and , Isnaeni Herawati, SST.FT,M.sc and , Dwi Rosella Komalasari M.Fis (2012) Pengaruh Chest Therapy Terhadap Saturasi Oksigen Pada Pasien Penyakit Paru Obstruksi Kronis Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Latar Belakang: PPOK merupakan penyakit yang sering dijumpai dimasyarakat, data yang diperoleh dari Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta tentang kunjungan penyandang asma yang terus meningkat di setiap tahunnya. PPOK adalah penyakit paru kronik yang ditandai oleh hambatan aliran udara di saluran napas yang bersifat progressif faktor yang berperan dalam peningkatan penyakit tersebut yaitu, merokok ,pertambahan penduduk , polusi udara. Karena peradangan menyebabkan penumpukan mukus sehingga saluran nafas menyepit kebutuhan oksigen kurang maka dilakukan chest therapy, antara lain: perkusi, vibrasi, postural drainase, batuk efektif dan nafas dalam guna meningkatkan saturasi oksigen (SaO2). Tujuan Penelitian: Mengetahui Pengaruh Chest Therapy terhadap Saturasi Oksigen Pada Pasien PPOK. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. dengan metode pengambilan sampel yaitu Total Populasi pada pada pasien PPOK dengan pengambilan sampel 15 responden. Pengukuran Saturasi oksigen menggunakan pulse oximetry dengan merk One Med. Desain penelitian Pretest and Posttest dengan analisis data menggunakan uji statistik non Parametrik. Hasil Penelitian: Pemberian chest terapi selama 14 hari terhadap saturasi oksigen sebelum dan sesudah didapatkan hasil yang signifikan. Hasil uji pengaruh pemberian chest terapi sebelum dan sesudah diperoleh nilai P = 0,001 sehingga didapatkan adanya pengaruh pemberian chest terapi antara sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan: Ada pengaruh chest therapy terhadap saturasi oksigen pada pasien PPOK di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J110/2012-15
Uncontrolled Keywords: PPOK,Chest therapy,Saturasi oksigen
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 02 May 2012 07:42
Last Modified: 10 Nov 2016 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18439

Actions (login required)

View Item View Item