Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kuncen Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012

Kurniawan, Aditya Arief (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kuncen Klaten Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
cover+.pdf

Download (503kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model cooperative learning tipe numbered heads together pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kuncen Klaten tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan peneliti bertindak sebagai subjek pelaku tindakan dan seluruh siswa sebagai subyek penerima tindakan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang dilakukan atas dasar data yang diperoleh di lapangan. Rancangan penelitian ini mengacu kepada model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penelitian ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui model cooperative learning tipe numbered heads together pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kuncen Klaten tahun ajaran 2011/2012. Ini ditandai dengan meningkatnya hasil pembelajaran dari yang semula 25% menjadi 50% pada siklus I dan pada siklus 2 menjadi sebanyak 87,5% dari 16 siswa yang memenuhi KKM ≥ 65.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 01 May 2012 06:27
Last Modified: 01 May 2012 10:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18405

Actions (login required)

View Item View Item