Winingsih , Eka (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Disertai Dengan Concept MAP Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (236kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kondisi pembelajaran kelas XI IPA 1 SMA N 2 Sukoharjo yang terdapat kelemahan, antara lain: partisipasi siswa masih rendah, siswa tidak aktif, pembelajaran masih berpusat pada guru, hal ini yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi sistem pencernaan kelas XI IPA 1 SMA N 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan metode pembelajaran aktif Talking Stick disertai dengan Concept Map. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, refleksi dan evaluasi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan 3 langkah, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara guru bidang studi dan peneliti. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan metode pembelajaran Talking Stick disertai dengan Concept Map yang di akhiri kesimpulan dan pelaksanaan post-test setiap siklusnya. Indikator capaian dalam penelitian ini adalah 75% siswa mencapai nilai ≥nilai KKM(70) untuk aspek kognitif dan untuk aspek afektif adalah 75% siswa mencapai nilai 3 dengan predikat baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Banyaknya siswa yang tuntas KKM (> 70) sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (15%), siklus I meningkat menjadi 16 siswa (40%) dan pada sikus II sebesar 33 siswa (82, 5%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 5,84 meningkat pada siklus I yaitu 66, 37 dan pada siklus II menjadi 79, 25. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif dari penskoran indikator, skor nilai pada siklus I adalah 10,28 dengan kriteria cukup berminat, dan meningkat menjadi kriteria berminat pada siklus II dengan skor nilai 11,67. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Talking Stick disertai dengan Concept Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi sistem pencernaan kelas XI IPA 1 SMA N 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A420/2012-10 |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar kognitif, afektif, Talking Stick, Concept Map, Sistem Pencernaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 01 May 2012 05:59 |
Last Modified: | 21 Jun 2012 09:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18401 |
Actions (login required)
View Item |