Pengaruh Terapi Back Massage Terhadap Intensitas Nyeri Reumatik Pada Lanjut Usia Di Wilayah Puskesmas Pembantu Karang Asem Pajang Surakarta

KRISTANTO, THOMAS and , Okti Sri Purwanti, S.Kep., Ns and , Arina Maliya, A.Kep.M.Si.,Med (2012) Pengaruh Terapi Back Massage Terhadap Intensitas Nyeri Reumatik Pada Lanjut Usia Di Wilayah Puskesmas Pembantu Karang Asem Pajang Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (110kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

Penyakit yang sering dirasakan oleh para lanjut usia salah satunya rasa nyeri. Rasa nyeri pada bagian tulang yang lebih dikenal oleh masyarakat adalah reumatik. Reumatik adalah yang bersifat sistemik, progresif, cenderung kronik dan mengenai sendi serta jaringan ikat sendi secara simetris. Salah satu cara manajemen nyeri reumatik adalah dengan cara back message. Tujuan terapi back message adalah penurunan secara bermakna pada intensitas nyeri. Hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa lansia penderita reumatik sering mengalami kaki dan pinggang pegal-pegal, nyeri sendi dan otot, saat sehabis melakukan aktivitas berat atau saat pagi habis bangun tidur, dan hampir semua para penderita reumatik jika penyakitnya kambuh mereka hanya minum analgesik dan belum pernah mendapatkan terapi back message. Tujuan penelitian adalah Mengetahui pengaruh terapi back massage terhadap intensitas nyeri reumatik pada lansia di wilayah Pustu Karang Asem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre eksperimental dengan pendekatan one group pretest – posttest. Sampel penelitian berjumlah 13 orang lansia yang mengalami nyeri dengna intensitas sedang atau 4-6 dengan teknik pengambilan sampel adalah Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan menggunakan metode eksperimen. Alat ukur tingkat nyeri menggunakan skala penilaian numerik (numerical rating scale) AHCPR). Uji hipotesis penelitian menggunakan uji statistik non parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberi back massage, 5 responden mengalami nyeri ringan dengan skala 1-3, 8 responden mengalami nyeri sedang sebanyak 8 orang skala 4-6. Setelah diberi back massage terdapat 2 responden yang mengalami nyeri sedang dan 11 responden mengalami nyeri ringan dengan intensitas nyeri 1-3. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test rata-rata pre test sebesar 4,00 dan post test rata-rata sebesar 2,69. Nilai Z score = -3,017 dengan p-value = 0,003 artinya ada pengaruh antara terapi back massage terhadap penurunan intensitas nyeri reumatik pada lansia di wilayah Pustu Karang Asem.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak J210/2012-05
Uncontrolled Keywords: lanjut usia, back message, nyeri reumatik, numerical rating scale Puskesmas pembantu
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2012 10:40
Last Modified: 28 Apr 2016 07:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18385

Actions (login required)

View Item View Item