Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Kinerja Pegawai Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea Dan Cukai Type Madya Pabean Surakarta

Dararasti , Prisya (2012) Hubungan Antara Stres Kerja Dengan Kinerja Pegawai Kantor Pengawasan & Pelayanan Bea Dan Cukai Type Madya Pabean Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan suatu organisasi perusahaan dalam menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi adalah mempunyai tenaga kerja yang berkualitas dan dapat menghasilkan kinerja yang optimal. Namun kenyataannya hal tersebut sulit dicapai karena kebanyakan pegawai atau karyawan perusahaan memiliki tekanan kerja yang berat, keterdesakan waktu, pekerjaan yang monoton dan membosankan serta banyak terjadi konflik kerja yang kesemuanya dapat menyebabkan pegawai mengalami stres kerja sehingga kinerja menjadi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hubungan stres kerja dengan kinerja pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Type Madya Pabean Surakarta, 2) Sumbangan atau peran stres kerja terhadap kinerja pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Type Madya Pabean Surakarta, 3) Tingkat atau kondisi stres kerja; 4) Tingkat atau kondisi kinerja pada pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Type Madya Pabean Surakarta. Hipotesis yang diajukan ada hubungan negatif antara stres kerja dengan kinerja pegawai. Subjek penelitian yaitu Pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Type Madya Pabean Cabang Surakarta berjumlah 90 orang, dengan ciri-ciri : a) Pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Type Madya Pabean Cabang Surakarta (Tipe A), b) masa kerja minimal dua tahun. Teknik pengambilan sampel secara studi sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala stres kerja dan dokumentasi kinerja. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar –0,480; p = 0,000 (p < 0,01). Artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara stres kerja dengan kinerja. Sumbangan efektif stres kerja terhadap kinerja sebesar 23,1%, artinya ada 76,9% faktor lain yang mempengaruhi kinerja selain stres kerja. Stres kerja subjek penelitian tergolong rendah, ditunjukan nilai rerata empirik = 85,333 dan rerata hipotetik = 112,5. Kinerja pada subjek penelitian tergolong sedang, ditunjukkan dengan nilai rerata empirik = 83,289. Kesimpulan penelitian ini adalah hubungan negatif yang sangat signifikan antara stres kerja dengan kinerja. Semakin tinggi stres kerja maka semakin rendah kinerja, begitu sebaliknya semakin rendah stres kerja maka semakin tinggi kinerja. Bagi para peneliti selanjutnya yang ingin mengukur kinerja diharapkan untuk menggunakan variabel bebas lain selain variabel stres kerja.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stres kerja, kinerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2012 11:31
Last Modified: 27 Apr 2012 11:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18354

Actions (login required)

View Item View Item