Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Kesiswaan Kasus Di Smp Islam Al Azhar 21 Solo Baru

WIDANINGSIH, AMYLLIANA (2012) Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Kesiswaan Kasus Di Smp Islam Al Azhar 21 Solo Baru. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (224kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Program peningkatan kualitas pendidikan yang selama ini berjalan merupakan tujuan dunia pendidikan. Tujuan pendidikan pada dasarnya meliputi prestasi siswa di bidang akademik dan non akademik, tercapainya integritas moral, serta terbentuknya karakter yang baik pada siswa. Agar tujuan pendidikan tercapai maka kepala sekolah perlu mengarahkan, mendorong, membimbing, memotivasi, dan menggerakkan para guru, siswa, tenaga kependidikan serta orang tua. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam manajemen kesiswaan kasus di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru. Hal ini menjadi penting karena pelaksanaan tugas kepala sekolah dalam memimpin sekolah sangat berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam segala kegiatan agar tercapai secara optimal, efektif dan efisien. Keberhasilan kegiatan siswa ditentukan kepada kualitas guru dan sarana prasarana yang ada. Maka manajemen kesiswaan juga harus dikelola sedemikian rupa, karena tujuan sekolah didirikan, kurikulum disusun, dan guru diangkat serta sarana prasarana pendidikan diadakan semuanya untuk kepentingan siswa. Oleh sebab itu, sekolah perlu memiliki pemimpin yang berkepribadian kuat, memahami tujuan pendidikan dengan baik, memiliki pengetahuan yang luas dan memiliki ketrampilan professional sehingga dapat melaksanakan tugasnya sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara langsung untuk memaparkan kondisi dan aktivitas yang ada dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode induktif dan metode deduktif. Hasil penelitian yang didapat, peneliti menyimpulkan bahwa kepala sekolah di SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dapat berperan dalam manajemen kesiswaan, mulai dari; perencanaan kesiswaan, penerimaan siswa baru, pengorganisasian siswa baru, pembinaan dan pelayanan siswa, organisasi sekolah, penilaian siswa, serta mutasi dan alumni. Sebagai dirijen kepala sekolah SMP Islam Al Azhar 21 Solo Baru dapat melaksanakan tugasnya sebagai educator, manager, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator (EMASLIM) dalam kegiatan manajemen kesiswaan, indikatornya; sebagai sekolah yang baru berdiri selama 3 tahun siswa dapat meraih prestasi akademik dan non akademik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-21
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Sekolah, Dalam Manajemen Kesiswaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Apr 2012 10:05
Last Modified: 04 Jul 2012 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18329

Actions (login required)

View Item View Item