Hardiyanti, Benazir (2012) Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Cover_Skripsi_Benazir.pdf Download (119kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1_Skripsi_Benazir.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2_Skripsi_Benazir.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3_Skripsi_Benazir.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4_Skripsi_Benazir.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5_Skripsi_Benazir.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_bena_rev.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_Kategorisasi_Skala.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
Abstract
Pihak sekolah mengharapkan kompetensi pedagogik guru meningkat dan memiliki kemampuan mengajar yang professional/menjadi guru yang kompeten di dukung kepala sekolah yang menerapkan pola kepemimpinan transformasioanl. Baik buruknya kompetensi pedagogik dipengaruhi oleh diri sendiri juga dari orang lain atau lingkungan luar, salah satunya adalah kepemimpinan kepala sekolah. Kepemimpinan transformasional diharapkan mampu sebagai upaya untuk menggerakkan dan memotivasi guru untuk selalu berkaya dan meningkatkan kompentesinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan trasnformasional dengan kompetensi pedagogik guru. Hipotesis yang penulis ajukan adalah ada hubungan positif antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kompetensi pedagogik guru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di seluruh SMA Negeri di Kecamatan Sragen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini random sampling. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 11.00 dengan analisis product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kepemimpinan transformasional dengan kompetensi pedagogik guru, hal ini diperoleh dari nilai koefisien korelasi r sebesar 0,782 dan p= 0,000 (p < 0,01). Artinya semakin tinggi kepemimpinan transformasional maka semakin tinggi kompetensi pedagogik guru, sebaliknya semakin rendah kepemimpinan transformasional maka semakin rendah kompetensi pedagogik guru. Kepemimpinan Transformasional tergolong sangat tinggi, hal ini ditunjukkan oleh ME = 130,1552 dan MH = 95. Kompetensi pedgogik tergolong sangat tinggi, ditunjukkan oleh ME = 140,8448 dan MH = 102,5. Sumbangan variabel kepemimpinan transformasional terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 61,1% ditunjukkan oleh koefisien R2 = 0,611. Artinya masih ada 38,9% variabel lain yang mempengaruhi kompetensi pedagogik seperti hubungan antar guru, sikap orang terhadap pekerjaannya, emosi dan situasi kerja.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pedagogik, kepemimpinan transformasional. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2012 09:30 |
Last Modified: | 27 Apr 2012 09:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18327 |
Actions (login required)
View Item |