Pendidikan Jasmani Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyah

Nurrudin, Triyasyid (2012) Pendidikan Jasmani Menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hakikat manusia merupakan perpaduan beberapa unsur yang saling berkaitan, yaitu ruh, akal dan jasmani. Semua unsur harus mendapatkan haknya untuk dididik sehingga manusia bisa berkembang dengan seimbang antara akal, ruh dan jasmani. Namun kebanyakan pendidik tidak memperhatikan pendidikan jasmani terhadap anak didiknya. Mereka lebih cenderung mengutamakan pendidikan akal (intlektual) dan mengesampikan pendidikan jasmani. Akibatnya lahirlah generasi yang bagus intlektualnya namun lemah fisiknya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka bagaimana pendidikan Jasmani menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan jasmani menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyah. Sedang penelitian ini termasuk jenis penelitian bibliografi, yaitu penelitan dengan mencari, menganalisa, membuat interpretasi, serta generalisasi dari fakta-fakta hasil pemikiran, ide-ide tentang pendidikan Jasmani menurut Ibnu Qayyim Al Jauziyah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode dokumentasi. Dalam melakukan analisis data, penulis melakukan reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan dan verifikasi. Ibnu Qayyim memberikan perhatian yang serius terhadap pendidikan jasmani. Hal ini dapat dilihat dari keterangan beliau tentang pentingnya olahraga bagi manusia. Menurutnya, olahraga sangat diperlukan untuk menguatkan dan menjaga kesehatan jasmani. Selain itu beliau juga menjelaskan tentang macam-macam olahraga, kurikulum pendidikan jasmani, manfaat dan tujuan olahraga serta menjelaskan sarana olahraga terbaik yaitu mengerjakan ibadah-ibadah yang perintahkan oleh Allah. Pendidikan jasmani menurut Ibnu Qayyim adalah olahraga dengan teratur. Olahraga sangat diperlukan untuk menguatkan dan menjaga kesehatan jasmani. Olahraga dibagi menjadi tiga macam, yaitu; pertama, olahraga yang dicintai dan diridhai Allah, seperti olahraga balap kuda, balap unta dan lomba berpanah. Kedua, olahraga yang dibenci dan dimurkai Allah, seperti catur, main kartu, domino dan lainnya. Ketiga, olahraga yang tidak dicintai dan tidak dibenci oleh Allah, seperti balap lari, lomba angkat besi dan lainnya. Sedang di antara manfaat dan tujuan olahraga dalam Islam adalah menjaga kesehatan, menguatkan jasmani dan menghilangkan kesedihan atau refressing. Sarana olahraga terbaik adalah melaksanakan ibadah-ibadah yang diperintahkan oleh Allah. Setiap ibadah yang diperintahkan mengandung hikmah yang begitu banyak, seperti shalat, puasa, haji, berjalan menuju shalat jama’ah dan lain sebagainya. Ibadah-ibadah tersebut dapat menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani, yang bermanfaat dalam kehidupan di dunia dan di akhirat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak G000/2012-03
Uncontrolled Keywords: ruh, akal, jasmani, Ibnu Qayyim Al Jauziyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Apr 2012 04:47
Last Modified: 04 Jul 2012 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18316

Actions (login required)

View Item View Item