Mahbub, Muhammad Saiful (2012) Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (240kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Sertifikasi merupakan salah satu usaha pemerintah dalam meningkatkan profesionalisme kinerja guru dalam mengemban amanat sebagai pendidik dalam satuan pendidikan. Guru yang benar-benar memiliki kompetensi, maka ia akan memiliki kinerja yang baik.. Hal inilah yang dilakukan oleh guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Baanjarejo, Kabupaten Blora bahwa beberapa diantara guru yang ada telah mengikuti sertifikasi guna meningkatkan kinerjanya. SD Negeri Sendangwungu 2 merupakan salah satu sekolah yang mengutamakan kualitas pendidikan, sehingga guru-guru di SD Negeri Sendangwungu 2 tersebut diberi fasilitas berupa sarana dan prasarana serta pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerjanya sebagai tenaga pendidik. Dari sinilah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait usaha peningkatan kualitas pendidikan di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo. Dengan demikian penulis mengambil judul “Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah adakah dampak sertifikasi terhadap kinerja guru di SDN Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012, serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak sertifikasi terhadap kinerja guru di SDN Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Tahun Pelajaran 2011/2012, serta mendekripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat sertifikasi terhadap kinerja guru tersebut. Jenis penelitian ini adalah lapangan, dengan 4 orang guru dan kepala sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif, maka diperoleh kesimpulan: 1) Pelaksanaan Sertifikasi Guru SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora dilaksanakan dibawah naungan Pendidikan Nasional (Diknas) dan Kementerian Agama. 2) Dampak Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora meliputi Perencanaan pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penggunaan Media, dan Evaluasi/penilain pembelajaran. 3) Faktorfaktor yang mempengaruhi kinerja guru di SD Negeri Sendangwungu 2 meliputi: Pertama, faktor internal, yaitu Motivasi, kemampuan dan kecakapan yang dimiliki oleh guru dan kepribadian. Kedua, faktor eksternal : gaji, suasana lingkungan kerja, penghargaan bagi guru yang berprestasi, dan sarana yang menunjang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dampak, Sertifikasi, SD Negeri Sendangwungu 2 Kecamatan Banjarejo |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 27 Apr 2012 04:23 |
Last Modified: | 27 Apr 2012 12:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18314 |
Actions (login required)
View Item |