Kompetensi Pengasuh Panti Asuhan (Studi di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman bin Auf Nogosari Boyolali Tahun 2011)

Purwanto, Purwanto (2012) Kompetensi Pengasuh Panti Asuhan (Studi di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman bin Auf Nogosari Boyolali Tahun 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kompetensi pengasuh panti asuhan merupakan salah satu penentu keberhasilan bagi anak asuh di sebuah panti asuhan. Oleh karena itu, setiap pengasuh panti perlu diberikan pelatihan-pelatihan dan pendidikan lanjut yang berkaitan dengan kepengasuhan untuk meningkatkan kulitasnya sebagai pengasuh. Hal ini pula yang dilakukan oleh Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman Bin auf Nogosari sebagai salah satu usahanya dalam memberikan pelayanan dan bimbingan terhadap anak asuh. Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman Bin auf Nogosari merupakan lembaga sosial anak, dimana anak-anak asuh di panti asuhan dididik, dibimbing, diarahkan, diberi kasih sayang, dipenuhi kebutuhan sehari-hari dan diberi ketrampilan-ketrampilan. Selain itu, panti asuhan juga menanamkan pendidikan agama, menciptakan hubungan yang islami antar sesama anak asuh, kepada pengasuh dan dengan masyarakat sekitar. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kompetensi apa saja yang telah dimiliki oleh pengasuh Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman Bin Auf Nogosari dan bagaimana upaya pimpinan Panti Asuhan dalam meningkatkan kompetensi pengasuhnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi pengasuh panti asuhan serta mendeskripsikan upaya yang dilakukan pimpinan panti dalam meningkatkan kompetensi para pengasuh Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman Bin Auf Nogosari. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) dengan pimpinan panti, pengasuh panti dan anak asuh Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman Bin Auf Nogosari, Boyolali sebagai informan di dalam pengumpulan data. Adapun metode yang digunakan adalah observasi, interview dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif diperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Pengasuh di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman Bin Auf Nogosari merupakan tenaga pendidik yang sudah memiliki empat kompetensi pendidik, meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi professional. 2) di dalam usahanya untuk meningkatkan kompetensi pengasuh, pimpinan panti menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang bersifat mendidik, meliputi: pelatihan manajemen pengelolaan panti, studi banding ke berbagai pannti dan pondok pesantren, beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, evaluasi, rapat dan pembinaan, mendatangkan narasumber yang ahli dalam penanganan anak panti asuhan serta temu wicara antar pengasuh dengan staff Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman Bin Auf Nogosari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Asuh, Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Abdurrakhman Bin Auf
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 11:01
Last Modified: 26 Apr 2012 11:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18310

Actions (login required)

View Item View Item