Kompetensi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Pembelajaran (Studi kasus SD Negeri 1 Pelem kecamatan Jatisrono kabupaten wonogiri)

Hastomo, Mursid Eko (2012) Kompetensi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengelola Pembelajaran (Studi kasus SD Negeri 1 Pelem kecamatan Jatisrono kabupaten wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (220kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Copy_of_bab_1.pdf

Download (201kB)
[img] PDF (Bab II)
Copy_of_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
Copy_of_BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab V)
Copy_of_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
Copy_of_Lampiran_SEMUA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstract

Kompetensi mengajar harus dimiliki seorang guru yang merupakan kecakapan atau keterampilan dalam mengelola pendidikan, sebab dalam mengelola proses belajar mengajar yang dilaksanakan guru yang tidak menguasai kompetensi, maka akan sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Dari pengamatan yang telah penulis laksanakan selama penelitian, kompetensi guru dalam pembelajaram kurang begitu mengesankan, hal ini dapat dilihat dari kurangnya disiplin dalam menyiapkan materi pembelajaran, metode yang apa adanya penggunaan waktu yang kurang proporsional dalam pembelajaran, dari situlah penulis tertarik mengadakan penelitihan skripsi di SD Negeri 1 Pelem. Penelitian ini mengkaji tentang, bagaimana kompetensi guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam mengelola pembelajaran? Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui kompetensi guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam mengelola pembelajaran di SD Negeri 1 Pelem. Sehingga yang nantinya dapat bermanfaat bagi sekolah, guru, dan peserta didik. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah jenis penelitian lapangan dan menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru PAI. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dan hasil kesimpulan penelitian mencakup kompetensi guru dalam merencanakan pembelajaran yaitu optimalisasi pencapaian tujuan pembelajaran seperti meningkatkan daya serap siswa, kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menjelaskan pokok atau sub pokok bahasan, dan kompetensi guru dalam mengevaluasi pembelajaran mencakup pengetahuannya bertambah, sikapnya terbentuk, dan keterampilannya meningkat. Dari hasil penelitian ini, maka dapat di simpulkan bahwa: 1. Guru dalam merencanakan pembelajaran mencakup; penyusunan rencana tahunan, rencana semester, dan program satuan pelajaran. 2. Guru dalam melaksanakan pembelajaran dimulai dari membuka pelajaran dengan apersepsi, menjelaskan tujuan, menjelaskan pokok bahasan, memberikan penguatan dan memberikan evaluasi terhadap KBM yang berlangsung setelah selesai pertemuan. 3. Guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran mencakup evaluasi proses dan evaluasi hasil. Dalam evaluasi ini guru memperhatikan TPK, alokasi waktu, bahasa soal, dan sifat materi pelajaran. Evaluasi proses mencakup post test, formatif, sumatif dan ulangan harian untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajara

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, pendidikan agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Apr 2012 09:55
Last Modified: 26 Apr 2012 09:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18301

Actions (login required)

View Item View Item