Samad, Bambang Sudibyo (2012) Peningkatan Kualitas Pendidikan Dengan Pendekatan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Studi Empirik di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01._Halaman_depan.pdf Download (94kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
Abstract
Manajemen sekolah yang baik memberikan kontrsibusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Keberhasilan proses pembelajaran tidak lepas dari sebuah manajemen yang baik pula. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) sebagai model pengelolaan yang memberikan kewenangan dan tanggung jawab yang lebih besar kepada sekolah, mendorong partisipasi secara langsung dari warga sekolah untuk meningkatkan mutu sekolah berdasarkan kebijakan nasional. MPMBS mengharuskan kepala sekolah untuk bisa melakukan perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut maka judul penelitian ini adalah “Peningkatan Kualitas Pendidikan Dengan Pendekatan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (Studi Empirik di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011)”. Penelitian ini menitik beratkan pada sisi manajerial sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini terkait Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dengan rincian sebagai berikut: (1) bagaimana manajemen perencanaan peningkatan mutu SMP Muhammadiyah 7 Surakarta ?, (2) bagaimana manajemen pelaksanaan peningkatan mutu SMP Muhammadiyah 7 Surakarta?, dan (3) bagaimana monitoring dan evaluasi manajemen peningkatan mutu SMP Muhammadiyah 7 Surakarta?. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi MPMBS di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan pola pemikiran induktif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, penanggung jawab program peningkatan mutu, guru dan siswa. Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi untuk memperoleh data mengenai proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Dari hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa proses perencanaan telah berjalan cukup baik. Hal ini ditunjukan dengan rencana pelaksanaan yang telah melibatkan berbagai unsur sekolah. Sedangkan proses pelaksanaan telah berjalan baik, namun kurang optimal, hal itu dikarenakan dalam pelaksanaan latihan Ujian Nasional kurang efektif karena hanya dilakukan disaat tiga bulan menjelang ujian nasional. Adapun proses monitoring dan evaluasi telah berjalan dengan baik. Hal itu ditunjukan dengan adanya beberapa komponen rancangan utama monitoring dan evaluasi yaitu penentuan fokus dan tujuan, penentuan komponen dan indikator, rancangan pengumpulan data dan instrumen
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak G000/2012-11 |
Uncontrolled Keywords: | MPMBS, mutu pendidikan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 26 Apr 2012 09:16 |
Last Modified: | 04 Jul 2012 06:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18300 |
Actions (login required)
View Item |