Analisis Pengaruh Arus Kas Bersih Operasional, Gross Profit Dan Return On Asset (Roa) Terhadap Harga Saham (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Pratomo, Yogi (2012) Analisis Pengaruh Arus Kas Bersih Operasional, Gross Profit Dan Return On Asset (Roa) Terhadap Harga Saham (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammmadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (572kB)
[img]
Preview
PDF (Bab.1)
03._BAB_I.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Bab.II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab.III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab.IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab.V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)

Abstract

Keputusan investor di pasar modal untuk menjual atau membeli saham dilakukan dengan menilai kelayakan harga saham. Evaluasi dapat dilakukan melalui informasi-informasi yang terdapat di laporan keuangan. Informasi keuangan seperti informasi arus kas, gross profit dan return on asset merupakan elemen penting yang digunakan untuk menilai kinerja perusahaan. Reaksi pasar atas informasi keuangan ditunjukkan dengan adanya perubahan harga dari sekuritas bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat memprediksi informasi kinerja keuangan berupa arus kas operasional, gross profit dan return on asset terhadap harga saham. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan maufaktur yang terdaftar di BEI, sedangkan sampel penelitian ini adalah 31 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah periode tahun 2007 – 2009 yang diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD) tahun 2010. Metode analisis data yang dipergunakan adalah metode regresi linier berganda, uji t, uji koefisien determinisasi (Adjusted R2), dan disertai dengan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Informasi arus kas operasi dapat memprediksi harga saham yang di ukur dengan return saham. Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai thitung sebesar 2,067 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya informasi arus kas berguna untuk mengevaluasi struktur keuangan perusahaan serta hubungannya dengan profitabilitas yang penting dalam keputusan investasi; 2) Gross profit tidak dapat memprediksi harga saham yang di ukur dengan return saham. Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai thitung sebesar 0,111 ditolak pada taraf signifikansi 5% (p>0,05). Artinya tinggi rendahnya harga saham tidak dapat diprediksi oleh tinggi rendahnya gross profit yang dimiliki perusahaan; 3) return on asset (ROA) dapat memprediksi harga saham yang di ukur dengan return saham. Hasil pengujian hipotesis memperoleh nilai thitung sebesar 2,501 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). Artinya kemampuan pencapaian laba yang tinggi merupakan informasi yang sangat baik bagi investor;

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arus Kas Operasi, Gross Profit, Return On Asset, Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 24 Apr 2012 11:26
Last Modified: 24 Apr 2012 11:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18216

Actions (login required)

View Item View Item