PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ”SAVI” DENGAN PENDAYAGUNAAN ALAT PERAGA DI SMP NEGERI I KARTASURA

Hikmah, Nuzul Nur (2008) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ”SAVI” DENGAN PENDAYAGUNAAN ALAT PERAGA DI SMP NEGERI I KARTASURA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040007.pdf

Download (133kB)
[img] PDF
A410040007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri I Kartasura yang berjumlah 44 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika SMP Negeri I Kartasura, dan subjek yang membantu pelaksanaan tindakan adalah peneliti dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisi data secara deskriptif kualitatif dengan presensi dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan SAVI yang meliputi empat tahapan pembelajaran yaitu tahap persiapan, tahap penyampaian, tahap pelatihan, dan tahap penampilan hasil. Adapun peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang ada yaitu: (a) perhatian terhadap pembelajaran matematika meningkat mencapai 93,18%, (b) kegiatan siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengajukan ide-ide meningkat mencapai 79,55%, (c) kegiatan siswa dalam mengerjakan soal/ tugas mandiri mencapai 90,91%, (d) kegiatan siswa dalam maju mengerjakan soal-soal didepan kelas meningkat mencapai 81,82% , dan (e) gangguan kelas menurun hingga 11,36%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Belajar, Kubus, Balok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 May 2009 09:04
Last Modified: 17 Nov 2010 03:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item