Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Siswa Kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Kurniawati, Diah (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Siswa Kelas VIIIB SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (361kB)
[img]
Preview
PDF (Bab i)
BAB_I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka_.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan, dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (Guide inquiry) pada siswa SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (Guide inquiry) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripstif kualitatif yaitu dengan menganalisis data perkembangan siswa dari pra siklus, siklus I sampai siklus II melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan siswa yang mencapai standar ketuntasan minimal 68 sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 60,5 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥68 sebanyak 11 siswa (28,9%). Pada siklus I tingkat rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 67,8 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥68 sebanyak 20 siswa (52,6%), ratarata nilai afektif siswa sebesar 23,03 (termasuk dalam kategori berminat) dan ratarata nilai psikomotorik sebesar 10,74. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,2 dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥68 sebanyak 34 siswa (89,5%), rata-rata nilai afektif siswa meningkat menjadi 25,26 (termasuk dalam kategori berminat) dan rata-rata nilai psikomotorik meningkat menjadi 24,68. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (Guide inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa IPA Biologi materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik kelas VIII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Untuk aspek kognitif sebesar 75%, untuk aspek afektif siswa mencapai indikator berminat dan untuk aspek psikomotorik siswa dapat terampil dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak A420/2012-25
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Inkuiri Terbimbing ( Guide inquiry ), hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2012 10:48
Last Modified: 21 Jun 2012 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18089

Actions (login required)

View Item View Item