Pengaruh Variabel Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CAR) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010)

Fitrianto, Eka Dapi (2012) Pengaruh Variabel Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CAR) Dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I )
03._BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_lll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel keuangan dan non keuangan terhadap pengungkapan corporate sosial responsibility (CSR) dalam laporan tahunan perusahaan perbankan. CSR merupakan basis teori tentang perlunya sebuah perusahaan membangun hubungan harmonis dengan masyarakat dan lingkungan tempat beroperasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah checklist terhadap item-item pengungkapan sosial dalam laporan tahunan. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan perbankan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010. Dalam penelitian ini pengujian data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Uji t digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen. Uji F digunakan untuk menguji pengaruh variabel independen secara simultan terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas (ROA) dan ukuran dewan komisaris (UDK) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dalam laporan tahunan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung dan nilai signifikansi dari masing-masing variabel tersebut (0,211 ; 0,426 > 0,05), sedangkan variabel ukuran perusahaan (Log_Natural), dan leverage menurut penelitian berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung dan nilai signifikansi dari masing-masing variabel tersebut (0,034 ; 0,036 < 0,05). Hasil uji F menunjukkan bahwa ke empat variabel yaitu profitabilitas (ROA), leverage, ukuran perusahaan (Log_Natural) dan ukuran dewan komisaris (UDK) mempunnyai pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dalam laporan tahunan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Additional Information: Rak B200/2012-17
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab sosial perusahaan, pengungkapan CSR, profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, ukuran dewan komisaris
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Apr 2012 05:44
Last Modified: 26 Jun 2012 11:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18028

Actions (login required)

View Item View Item