Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Kabupaten/Kota Jawa Tengah, DIY, Dan Jawa Barat)

Maulana , Anton (2012) Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Kabupaten/Kota Jawa Tengah, DIY, Dan Jawa Barat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
Hal_Dep.pdf

Download (236kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah (BD), serta terjadi atau tidaknya flypaper effect. Populasi dalam penelitian ini adalah kota/kabupaten di Pulau Jawa. Sampel yang digunakan adalah 66 kota dan kabupaten di Propinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Barat. Yang terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota di Jawa Tengah, 4 kabupaten dan 1 kota di DIY, 17 kabupaten dan 9 kota di Jawa Barat. Alat analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa DAU dan PAD masing-masing mempunyai pengaruh positif terhadap Belanja Daerah. Hal ini ditunjukkan nilai t statistik DAU sebesar 12,711 dengan taraf signifikansi 0,000 dan nilai t statistik PAD sebesar 11,131 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang masing-masing nilai signifikannya dibawah taraf signifikan 0,05. Hasil uji t statistik dari regresi sederhana ke regresi berganda untuk DAU mengalami peningkatan sebesar 5,942, sedangkan untuk PAD terjadi peningkatan sebesar 5,582. Dengan demikian pengaruh DAU terhadap Belanja Daerah secara signifikan lebih kuat dibandingkan dengan pengaruh PAD terhadap Belanja Daerah. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi flypaper effect.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dana Alokasi Umum (DAU), Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja Daerah (BD), dan Flypaper effect
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 18 Apr 2012 05:57
Last Modified: 18 Apr 2012 11:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18027

Actions (login required)

View Item View Item